Buka Kegiatan TTE, Wawali : Koordinasi Lintas Sektor Harus Ditingkatkan

oleh

MACCANEWS,  PAREPARE- Hadiri Table Top Exercise (TTE) simulasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM), Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim menyampaikan bahwa Kota Parepare berpotensi terkena wabah penyakit, mengingat di Parepare terdapat pelabuhan terbesar kedua di Sulawesi Selatan setalah Pelabuhan Makassar.

Untuk itu, dalam upaya mencegah masuknya resiko penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan melalui pelabuhan, maka Pemerintah Kota Parepare terus meningkatkan koordinasi lintas sektor guna mengantisipasi hal tersebut.

“Komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dari berbagai lembaga dan elemen masyarakat sangat diperlukan. Kita harus bekerjasama dalam hal mengidentifikasi penyebab, gejala, tanda, factor yang mempengaruhi, dampak yang ditimbulkan dan tindakan yang harus dilakukan dalam menangani penyebaran penyakit. Sehingga, penyakit tersebut bisa diatasi dan tidak meluas,” jelas Pangerang.

Mengingat arus bongkar muat dan lalu lintas orang di Pelabuhan Parepare selalu ramai, maka upaya pencegahan juga dilakukan dengan menempatkan petugas kesehatan di pelabuhan dalam kegiatan pengamatan penyakit dan factor resiko kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut Pangerang menyampaikan pelayanan kesehatan merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi pemerintah. Sehingga, Pemkot Parepare terus berkomitmen dan menyatakan keseriusannya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Parepare.

“Pemkot sangat bersungguh-sungguh ingin menunjukkan kepedulian kepada masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang berkualitas. Untuk itu, saya berharap melalui kegiatan ini, kita memiliki kesamaan pandangan dan mengoptimalkan peran kita masing-masing dalam menghadapi kedaruratan kesehatan masyarakat,” lanjutnya. (Sha)