Diduga Rugikan Suara PDIP, KPU Kota Makassar Bakal Serahkan Bukti ke Bawaslu

oleh

MACCA.NEWS- Menanggapi pemeriksaan Bawaslu terkait laporan dari PDIP yang mana diduga terjadinya manipulasi suara di TPS, anggota KPU kota Makassar, Gunawan mengatakan ada banyak faktor yang bisa saja terjadi.

Mewakili ketua KPU kota Makassar, Gunawan menjelaskan, bisa saja ada ya unsur kesengajaan dari pihak terkait yang mengubah, atau menguntungkan partai politik tertentu. Akan tetapi, Gunawan lebih banyak memberikan konfirmasi terkait alur perjalanan suara di tingkat TPS.

“Bukan mengubah C1 sih sebenarnya, laporan ada beberapa C1 yang berbeda. Ada banyak faktor yang bisa saja terjadi misalnya salah hitung, ada faktor disengaja dan tidak disengaja. Tetapi kami belum tau kebenarannya, kami akan cek dan akan menyerahkan C1 kami di Bawaslu besok, hari ini kami datang mengkonfirmasi ke Bawaslu dulu dan mengambil keterangan saya,” kata Gunawan usai diperiksa Bawaslu kota Makassar, Senin (29/4).

“Saya memaparkan jenjang-jenjang tahapan yang kami lakukan, bagaimana arus dan perjalanan suara. Dari pemungutan dan perhitungan suara. Perhitungan ditulis di C1 Plano, dari C1 Plano ke formulir C1 hologram, lalu di salin ke C1 salinan, kemudian di simpan ke kotak suara,” tambahnya.

Beberapa bukti C1, kata Gunawan akan diserahkan ke Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan PDIP yang suaranya diduga dirugikan di tingkat TPS.

“Kalau ada pelanggan yang terjadi itu domain Bawaslu. Saya lebih banyak menjelaskan alur suara. Bawaslu meminta bukti-bukti C1 dari kami untuk menjadi pembanding jika ada pelanggaran sesuai laporan,” jelasnya.