Diunggulkan Survei PSI, Arief Wicaksono Akui Kerja Politik RPG

oleh

MACCA.NEWS- Berdasarkan hasil riset lembaga survei PT Pedoman Suara Indonesia (PSI) menempatkan calon anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dari PDIP dapil Makassar A, nomor urut 1, Rudy Pieter Goni (RPG) berada pada posisi urutan ketiga dengan perolehan angka, 4.0 persen dari sejumlah caleg yang bertarung di dapil Makassar A.

Direktur eksekutif PT Pedoman Suara Indonesia (PSI), Arief Wicaksono mengatakan, Rudy Pieter Goni mampuh merawat basis-basis suaranya dengan baik sampai saat ini menjelang pemilihan legislatif, yang bakal digelar 17 April mendatang.

“Selain incumben, Rudy Pieter Goni dipastikan memiliki kantong suara atau disebut memiliki basis konstituen yang jelas cukup terpelihara selama ini. Jadi cukup berpeluang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Sulsel di periode selanjutnya,” kata Arief Wicaksono saat dikonfirmasi macca.news, Sabtu (13/4/2019).

Ariel Wicaksono menambahkan, Rudy Pieter Goni adalah politisi yang mampuh membaca realita pemilihan legislatif dari periode ke periode sampai saat ini.

“Ada beberapa faktor sebetulnya yang menjadi penentu selain latar belakang keluarga. Menguatnya Rudy Pieter Goni, faktor utamanya adalah, Rudy Pieter Goni Incumben yang memiliki basis konstituen jelas dan militan sehingga, cukup berpeluang untuk duduk kembali. Jadi kembali kepada kinerja figur calegnya sendiri. Bisa jadi, dimata konstituennya, Rudy Pieter Goni berhasil menunjukkan kinerjanya di basis, sehingga tertangkap oleh hasil survey,” tambahnya.

Bagi, Arief Wicaksono menjelaskan jika Rudy Pieter Goni politisi yang mampuh membaca dinamika politik saat ini.

“Salah satu kelemahan caleg incumbent menurut kami adalah tidak dimilikinya inovasi metode pendekatan yang baru kepada konstituen. Bisa jadi Rudy Pieter Goni adalah caleg incumbent yang sadar dengan realitas lapangan yang telah berubah dari pemilu-pemilu yang lalu,” jelasnya.

Arief Wicaksono menjelaskan bahwa survei ini dilakukan pihaknya mulai tanggal 20 hingga 27 maret 2019 dengan populasi pemilih 17 tahun lebih, dengan melibatkan responden 240 responden dan margin eror kurang lebih 5 persen.

Sementara untuk dapil Makassar A, pihaknya merilis 10 besra elektabilitas caleg DPRD Provinsi Sulsel, yaitu :

1, Drg Rachmatika Dewi (NasDem) dengan 10 % Suara

2..Imam Fauzan Uskara (PPP) dengan 4,7 % Suara

3. Rudi Peter Goni (PDIP) degan 4,0 % suara

4. Abdul Wahab Ismail (PPP) dengan 3,8 % suara

5. H. Andi Parenrengi (Gerindra) 3,6 % suara

6. Drs H.Kadir (Golkar) dengan 3,6 % suara

7. H.Andi Arham Basmin Mattayang (NasDem) 2,8 % suara

8, Sherly Farouk (Golkar) 2,6 %
suara

9. Edward Wijaya Horas (Gerindra) 2,4 % suara

10. Riska Mulfiaty Luthfi (NasDem) dengan total suara 2,2 %