DKP Parepare Tambah Kawasan Budidaya Tanaman Hidroponik

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Parepare akan menambah kawasan budidaya tanaman hidroponik di sebelas kelurahan dengan anggaran sebesar Rp. 165 juta. Dimana, anggaran yang disediakan untuk setiap kelurahan (kawasan) sebesar Rp. 15 juta.

Hal itu diungkapkan Kepala Sub Program dan Keuangan DKP Parepare, Andi Paulangi. Iya mengatakan, penambahan kawasan budidaya hidroponik tersebut atas arahan dari Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Sebelumnya, kami sudah lakukan budidaya hidroponik di tingkat rumah tangga pada dua kelurahan, yaitu Kelurahan Bumi Harapan dan Kelurahan Tiro Sompe. Setiap kelurahan ada 18 rumah tangga yang melakukan budidaya hidroponik, jadi totalnya 36 di dua kelurahan itu. Nah, pak wali minta untuk mengembangkan budidaya hidroponik ini,” ujar Andi Paulangi saat menggelar pertemuan bersama Komunitas Hidroponik Parepare.

Iya menambahkan, untuk pengembangan budidaya hidroponik tersebut DKP Parepare bekerjasama dengan Komunitas Hidroponik Parepare akan melakukan pendampingan di sebelas kawasan tersebut.

“Nah, komunitas hidroponik ini nantinya yang akan mendampingi dan membina sebelas kawasan itu. Mulai dari pembuatan kerangka media hidroponik, hingga cara budidayanya. Saat ini, kami masih pada tahap diskusi terkait konsep kawasan budidaya hidroponik itu. Model kawasan hidroponik ini nantinya seperti Eco Wisata,” tambah Andi Paulangi. (Sha)