Indonesia Loloskan 6 Wakil di Babak 8 Besar Malaysia Open 2019

oleh

MACCA.NEWS- Indonesia menyisakan 6 wakil di babak perempat final Malaysia Open 2019. Ganda Putra menjadi penyumbang wakil terbanyak setelah menempatkan 3 pasangan di babak ini.

Sementara, 3 wakil lainnya masing-masing melalui sektor ganda campuran, ganda putri dan tunggal putra. Sementara tunggal putri gagal meloloskan wakilnya dari babak 32 besar.

Pasangan andalan Indonesia yang juga unggulan pertama di turnamen ini, Kevin Sanjaya Sukamuljoi/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melewati hadangan pemain Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko 2 set langsung 21-8 21-19.

Di babak 8 besar Kevin/Marcus akan jumpa pasangan Indonesia lainnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian lolos setelah mengkandaskan perlawanan ganda Taiwan Liao Min Chun/Su Ching Heng lewat rubber set 21-15 22-24 21-18. Dengan ini Indonesia sudah pasti mengirimkan satu wakilnya di semifinal.

Sementara ganda putra lainnya Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan tidak mengalami kesulitan saat berjumpa dengan pasangan tuan rumah Chooi Kah Ming/Low Juan Shen.

Hendra/Ahsan hanya membutuhkan waktu 24 menit untuk menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-18 21-12. Di babak 8 besar Hendra/Ahsan akan berduel dengan unggulan ke-2 asal China Li Junhui/Liu Yuchen.

Sementara kejutan terjadi sektor tunggal putra saat satu-satunya wakil Indonesia, Jonatan Christie berhasil menumbangkan unggulan pertama asal Jepang Kento Momota. Jonatan mengirim pulang juara All England 2019 tersebut dua set langsung 22-20 dan 21-15.

Hasil ini merupakan kemenangan perdana Jonatan atas Kento setelah pada dua pertemuan sebelumnya selalu kalah. Di babak 8 besar Jonatan akan menghadapi Viktor Axelsen unggulan ke-6 asa Denmark.

Dari ganda campuran, pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil mengalahkan rekan mereka Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Duel satu pelatnas ini cukup ketat hingga berjalan 3 set. Owi/Winny berhasil unggul atas Hafiz/Gloria 19-21 21-18 dan 21-19. Di babak selanjutnya mereka akan menghadapi pasangan tuan rumah Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Wakil terakhir Indonesia yang lolos adalah ganda putri, Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia yang menyingkirkan pasangan Indonesia lainnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu melalui pertarungan sengit 3 set 21-14 20-22 dan 21-18. Di babak berikutnya Ni Ketut/Rizki akan berjumpa dengan pasangan asal China Du Yue/Li Yunhui.

Ajang Malaysia Open 2019 kali ini diselenggarakan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Turnamen dengan kategori BWF 750 SS ini berhadiah Rp. 9,9 Miliar. (*)