KPU Minta Masyarakat Ikut Kawal Tahapan Rekapitulasi Suara

oleh

MACCA.NEWS- Komisioner Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Stenly Kowaas minta masyarakat terus mengawal proses rekapitulasi yang secara berjenjang dilakukan penyelenggara.

Saat ini, kata dia, pelaksanaan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan semuanya sudah selesai dan tinggal menunggu rekapitulasi lanjutan di tingkat kota.

“Kita masih sementara menunggu logistik dikembalikan ke KPU Kota Tomohon,” ujarnya.

Setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan tuntas, lanjut dia, pleno rekapitulasi lanjutan di tingkat kota akan dilaksanakan pada Selasa besok.

“Kita sementara menyebarkan undangan bagi partai politik serta badan pengawas pemilihan umum. Kita berharap, pelaksanaan rekapitulasi ini berjalan kondusif seperti ketika dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan,” tuturnya.

Kowaas mengatakan, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan tidak mengalami kendala berarti, sebab apabila ditemukan kesalahan langsung diperbaiki mengikutsertakan saksi partai politik dan bawaslu.

“Proses rekapitulasi berjalan lancar, bahkan semua saksi parpol sudah menandatangani hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan, artinya bahwa tidak ada kendala berarti selama rekapitulasi berproses di tingkat panitia pemilihan kecamatan,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat bersama-sama mengawal proses berjenjang ini sampai pada saat penetapan.

“Mari kita menjaga bersama proses ini, jaga harmonisasi, apalagi pelaksanaan pemilu di Kota Tomohon berjalan baik, partai politik maupun kontestan telah dewasa dalam berdemokrasi,” imbuhnya. (*)