Nurdin Abdullah: Sinergitas, Kunci Penyelesaian Persoalan Masyarakat

oleh

MACCA.NEWS- Pemerintah Provinsi menjadi wakil Pemerintah Pusat di daerah guna mendukung pemerintah daerah kabupaten/kota untuk berkembang dan lebih maju.

Hal itu disampaikan, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah pada acara Tatap Muka dan Silaturahmi Gubernur Sulsel dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai Bersatu, Kamis (4/4).

“Saya tentu hadir dalam rangka mensupport Pak Bupati dan Wakil Bupati untuk semakin mempercepat akselarasi pembangunan di Sinjai ini. Apa yang akan dilakukan, bagaimana mensinergikan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota,” kata Nurdin Abdullah pada kunjungan kerja pertamanya di Sinjai pasca dilantik.

Baginya, tanpa sinergi tidak akan ada langkah cepat untuk menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat.

Nurdin bersama Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman telah merumuskan langkah sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Sulsel memiliki APBD Rp10 triliun, perlu mendukung daerah otonom yang berada di kabupaten/kota. Pemprov harus mensupport daerah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya.

“Insya Allah provinsi akan mendukung penuh langkah Pak Bupati, mungkin wujudnya dalam bentuk program dan kedua dalam bentuk bantuan keuangan daerah,” sebutnya.

Jika sebelumnya, Bantuan Keuangan Daerah hanya Rp24 miliar untuk kabupaten/kota. Tahun 2019 diawal kepemimpinannya, Nurdin mengaku sudah menaikkan menjadi Rp300 miliar dan tahun 2020 akan kembali ditingkatkan.

Mantan Bupati Bantaeng ini menilai, dana tersebut harus besar dalam rangka memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang inovatif dan menjadi daerah yang maju.(*)