Pemkot Parepare Genjot Percepatan Penerbitan Sertifikat Aset ITH

oleh

MACCANEWS, PAREPARE-Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggenjot percepatan pensertifikatan aset Institut Teknologi Habibie (ITH). Hal itu dilakukan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) dengan meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar segera mempercepat terbitnya sertifikat aset daerah yang dijadikan sebagai gedung ITH.

Di sela-sela rapat persiapan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Pemkot Parepare dengan BPN dan BPD Bank Sulselbar yang digelar di ruang Bagian Hukum Parepare, Jumat, (5/4/2019), Kabag Hukum, Suriani meminta dua aset daerah, yakni gedung BKPSDM dan Gedung Pemuda menjadi skala prioritas.

“Itu sudah masuk sejak 2017 tapi sampai sekarang belum ada pergerakan dari BPN, sehingga kami meminta Gedung BKPDM dan gedung pemuda yang akan dialihkan menjadi aset ITH harus menjadi skala prioritas yang harus segera disertifikatkan. Tolong pihak BPN agar memperhatikan,” tegas Suriani dalam rapat yang dihadiri pihak BPN Parepare.

Dia berharap, pensertifikatan aset ITH dapat dilakukan sebelum izin operasional ITH terbit.

“Jadi sebelum izin operasional turun, kita harus genjot secepatnya penerbitan sertifikat aset ITH karena Pemerintah pusat tidak terima jika bukan dalam bentuk sertifikat,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Seksi Infrastruktur BPN Parepare, Nugroho yang hadir dalam pertemuan tersebut berjanji, segera menindaklanjuti permintaan Pemerintah.

“Permintaan kabag Hukum terkait aset ITH akan kami jadikan skala prioritas. Kalau MoU antara Pemkot dan BPN sudah ditandatangani, maka segera kami laksanakan sesuai SOP yang ada,” janji Nugroho.

Rapat yang digelar Pemkot Parepare dengan pihak BPN dan BPD Sulselbar ini, sebagai persiapan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah se-Sulsel dengna BPN dan BPD Sulselbar yang akan dihelat pada Selasa, 9 April mendatang. (*)