Tatap Muka dengan Gubernur Sulsel, Masyarakat Sinjai Sampaikan Harapan

oleh

MACCA.NEWS – Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah disambut tradisi angngaru dan tarian tradisional paddupa saat kunjungan kerja di Kabupaten Sinjai, Kamis (4/4).

Nurdin Abdullah hadir di daerah ini dalam rangka Tatap Muka dan Silaturahmi bersama Pemerintah dan masyarakat Sinjai yang berlokasi di Gedung Pertemuan Sinjai Bersatu.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengaku bangga dengan kehadiran Gubernur. Kegiatan ini juga dalam rangka menyampaikan harapan masyarakat Sinjai agar menjadi perhatian pemerintah provinsi dan pusat.

“Kabupaten Sinjai akan siap mensukseskan program yang dicanangkan oleh Gubernur dan Bapak Presiden Jokowi,” kata Andi Seto.

Andi Seto menyampaikan Visi Kabupaten Sinjai adalah terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan dan religius melalui peningkatan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Visi dan misinya terinspirasi dan tetap mengacu pada Nawa Cita sebagai agenda prioritas nasional dari Presiden Jokowi dan juga rancangan RPJMD Sulsel tahun 2018-2023 sesuai visi-misi Gubernur Sulsel.

Andi Seto menyampaikan banyak agenda yang dicita-citakan dan membutuhkan perhatian pusat dan provinsi.

“Tanpa perhatian pemerintah pusat dan provinsi cita-cita tersebut sulit untuk diraih,” sebutnya.

Di awal kepemimpinannya, prioritasnya Seto adalah penguatan infrastruktur, terutama daerah yang sulit diakses. Selain itu juga fokus pada pengembangan sumber daya manusia dengan pemenuhan kebutuhan dasar.

Menurut Seto, di daerah yang dipimpinnya saat ini juga memberikan bantuan seragam gratis bagi siswa-siswi yang baru masuk sekolah. Selain itu juga disediakan beasiswa bagi pelajar berprestasi dan peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Sementara itu, Dana Perimbangan Daerah dari pemerintah pusat dalam lima tahun terakhir yakni sebesar 8 persen per tahun juga memberikan dampak yang signifikan pada Kabupaten Sinjai.

Dari sisi perekonomian bantuan juga terus mengalir seperti bibit, ikan dan padi. Dukungan lain berupa fasilitas pembangunan rumput laut dan embun serta asuransi ternak.

Salah satu kebijakan yang diapresiasi dari Pemprov yakni dengan mengakomodir keluhan nelayan di Kabupaten Sinjai terkait pengurusan izin. Dengan hadirnya Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan sektor Kelautan dan Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai yang bertempat di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, keluhan ini pun diakui dapat diminimalisir.

“Salah satu kebijakan adalah front desk pelayanan kelautan, atas izin provinsi dapat dilakukan di Kabupaten Sinjai tanpa harus ke Kota Makassar,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah menyampaikan rasa bangganya dapat bersilaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat Sinjai.

“Ini akan semakin menjadi ajang memupuk silaturahim kita. Kehadiran saya di Sinjai ini adalah kunjungan kerja pertama setelah dilantik menjadi Gubernur Sulsel,” ujarnya.

Pada kunjungan kali ini Gubernur menyerahkan sejumlah bantuan untuk para kelompok tani.(*)