Tim BPNB Sulsel Kunjungi Disdikbud Parepare

oleh

MACCANEWS, PAREPARE– Tim Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan (Sulsel) kunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare dalam rangka menginventarisir objek-objek karya budaya yang telah diusulkan oleh Disdikbud Parepare sebagai upaya pelestarian nilai budaya di daerah.

Pengelola Data Nilai Budaya BPNB Sulsel, Muhammad Aulia Rahmat mengatakan untuk tahun 2019, selain Parepare daerah yang dikunjungi dengan agenda yang sama yakni, Kabupaten Barru.

“Tahun ini, memang hanya ada dua daerah di Sulsel. Kami harap, dengan terinventarisirnya objek budaya ini, bisa diusulkan untuk mendapatkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB),” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Parepare, Mustadirham memaparkan untuk pengusulan Warisan Budaya Tak Benda seperti kuliner tradisional, Disdikbud menargetkan 40 jenis kuliner, 26 jenis tarian tradisional, 5 jenis olahraga tradisional dan 12 jenis permainan tradisional.

“Hari ini kami turun langsung mengambil gambar dan melakukan pendataan langsung. Alhamdulillah, kami sudah mencatat 14 kue tradisional dan tiga jenis tarian. Kami akan rampungkan hingga akhir April 2019. Kami berharap, data yang kami usulkan dapat direspon dengan baik oleh BPNB Sulsel,” paparnya. (Sha)