Begini Reaksi Pengamat Jika Danny Berpaket Titha YL di Pilwali Makassar

oleh

MACCA.NEWS- Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar dipastikan akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang. Namum, tahapan-tahapan dari Pilwali Makassar tersebut sudah digelar tahun 2019 ini.

Jika saja di Pilwali Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berpasangan, Indira Chunda Titha Syahrul mendapat reaksi dari Direktur Profetik Isntitute, M.Asaratillah. Dia menilai paket, Danny-Thita adalah paket yang kuat di Pilwali Makassar.

“Jika Keluarga Yasin Limpo mendorong Thita mendampingi Danny, berarti pasangan ini menggabungkan dua mesin politik besar. Mesin pertama adalah mesin klan Yasi Limpo, yang kedua Mesin NasDem sebagai pemenang pemilu di kota Makassar,” M.Asaratillah, Jumat (17/5/2019) malam

M.Asaratillah menilai kekuatan klan YL masih memiliki pengaruh besar di kota Makassar.

“Karena mesin klan YL masih punya cukup pengaruh di Makassar,” sebutnya.

Namun, M.Asaratillah berharap, Danny Pomanto bisa meyakinkan seluruh kader NasDem kota Makassar agar dirinya betul-betul mampuh memperlihatkan persiapannya bertarung di Pilwali Makassar mendatang.

“Yang menjadi pertanyaan, apakah Danny Pomanto mampuh meyakinkan kader NasDem segalah kesiapannya bertarung di kota Makassar, termasuk keterimaan internal NasDem untuk menerima pasangannya nanti,” tambahnya.

“Maksud saya pertanyaan-peetanyaan ini yang perlu dijawab dan ditindaklanjuti oleh DP, agar proses pertarungannya di Pilwali Makassar lancar,” jelasnya.

Tetapi kemungkinan-kemungkinan dalam Pilwali Makassar masih bisa saja terjadi. Termasuk rekomendasi partai politik, dan pasangan calon yang akan bertarung nantinya.

“Tapi saya rasa masih banyak kemungkinan-kemungkinan politik yang terbuka menjelang pilwalkot Makassar 2020. Karena nama-nama seperti pak Taufiq, Tamsil Linrung, Sukriansyah bahkan Daeng Ichal masih beredar namanya di kalangan elit partai politik,” tandasnya. (*)