Golkar Raih Peringkat Dua Perolehan Kursi DPR

oleh

MACCA.NEWS- Partai Golkar mendapatkan perolehan suara secara nasional sebesar 17.229.789 (12,31 Persen). Golkar berada di peringkat ketiga setelah Partai Gerindra 17.594.839 (12,57 persen) yang berada di peringkat kedua.

Namun, perolehan suara tersebut tidak sama dengan peringkat dalam perolehan kursi di parlemen (DPR). Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk 34 propinsi atau 80 Daerah Pemilihan (Dapil) pada Selasa (21/5/2019) dini hari menunjukkan, Partai Golkar berada di peringkat kedua dalam perolehan kursi yaitu 85 kursi (14,8 persen). Adapun Gerindra hanya meraih 80 kursi (13,9 persen).

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini, Ace Hasan Syadzily, mengemukakan, perolehan suara Golkar secara nasional memang urutan ketiga. Namun dalam perhitungan pemilu legislatif (Pileg), yang dilihat adalah konversinya ke dalam kursi di DPR. Hal itu karena ada adanya sistem perhitungan suara menggunakan metode Sainte Lague Murni.

“Raihan ini patut mendapatkan apresiasi. Di bawah kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto, Partai Golkar dapat bertahan pada urutan kedua di parlemen,” kata Ace.

Ace menjelaskan, dengan hasil tersebut, Golkar berhasil mematahkan prediksi berbagai pihak yang pada awalnya Golkar akan turun secara drastis.

“Hal ini bisa kita lihat dari hasil lembaga-lembaga survei yang kredibel menyatakan bahwa suara untuk Golkar akan turun besar sampai satu digit, bahkan ada yang menyebut sampai dikisaran 6 persen hingga 9 persen. Namun, faktanya Golkar masih dapat bertahan di urutan kedua dalam perolehan kursi,” jelas Ace.

Sementara terkait kemenangan pasangan Jokowi dan Maruf Amin, Ace tegaskan sebagai kemenangan rakyat. Rakyat telah menentukan pilihannya untuk mempercayakan memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

“Terima kasih rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Jokowi-Kyai Ma’ruf. Insya Allah, pasangan Jokowi-Kyai Ma’ruf akan bekerja sungguh-sungguh memenuhi janji sesuai dengan nawacita jilid kedua.Kami berharap rakyat kembali bersatu mengawal dan mendukung pemerintahan Jokowi selama 5 tahun ke depan,” tutur Ace yang juga Jubir TKN Jokowi-Kyai Ma’ruf. (*)