Jelang Pilwali Makassar, Sukriansyah: Tidak Ada yang Membuat Saya Tertarik Bertarung

oleh
Sukriansyah S. Latief (UQ)

MQCCA.NEWS- Nama, Sukriansyah S. Latief (UQ) marak diperbincangkan maju di Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar tahun 2020 mendatang.

UQ yang saat ini menjabat Staf Khusus Menteri Pertanian RI dan Komisaris BUMN Pupuk Indonesia saat dihubungi mengaku siap maju bertarung pada Pilwali Makassar mendatang.

“Iya saya siap maju di Pilwali Makassar,” ujarnya, Kamis (16/5/2019).

Kepada macca.news, UQ belum enggan memberikan alasannya yang membuat dia tertarik bertarung di Pilwali Makassar.

“Yang membuat saya tertarik tidak ada, tetapi tujuan saya maju bertarung untuk memperbaiki Makassar,” ungkapnya.

Kalau saya lihat, beliau memang sementara, membangun citra diri ke publik. Ini dilihat dengan cukup intensnya beliau dalam memperkenalkan diri, apakah melalui pemberitaan online, ataupun dengan membagikan flyer di media sosial.

Direktur Profetik Isntitute, M.Asaratillah menilai figur UQ sangat serius bertarung di Pilwali Makassar. Hak itu diperlihatkan intensnya, UQ muncul memperkenalkan diri di sosial media.

“Saya rasa, kalau beliau memang serius maju di Pilwali Kota Makassar, maka beliau pasti punya kalkulasi politik sendiri. Beliau mungkin sementara membangun popularitas politiknya, serta memetakan respon publik,” ujarnya.

“Tetapi saya rasa popularitas tidak cukup, beliau juga harus mendulang “rasa suka” dari publik. Terutama dengan cara menawarkan semacam visi politik beliau ke masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, M.Asaratillah berharap UQ sudah seharusnya membangun komunikasi dengan partai politik untuk mendapatkan kendaraan sebagai calon Walikota Makassar.

Selain itu yg menentukan nanti adalah, apakah beliau berhasil mendapatkan kendaraan politik atau tidak. Karena bagaimanapun parpol adalah salah satu mesin politik yang cukup ambpuh, dalam memenangkan kandidat tertentu.

Sementara pengamat politik dari universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono mengutarakan seharusnya, UQ harus memperjelas motivasinya maju bertarung di Pilwali Makassar.

“Saya pikir setiap perbuatan pasti ada motivasinya, tapi  masa beliau tidak punya ketertarikan?.  Kasihan warga Makassar yang sudah terlanjur percaya dan katanya sudah banyak yang menyumbang spanduk buat beliau, kesannya jadi tidak baik,” kata Arief Wicaksono.

Beberapa figur yang marak diperbincangkan maju di pemilihan Walikota Makassar tahun 2020, antara lain:

1. Moh Ramadhan ‘Danny ‘Pomanto
2. Irman Yasin Limpo
3. Munafri Arifuddin
4. Sukriansyah S. Latief
5. Andi Rachmatika Dewi
6. Taufiq Fachruddin
7. Arman Hanis
9. Tamsil Linrung
10. Syamsu Rizal. (*)