Jokowi Hargai Rencana Prabowo-Sandi Gugat Hasil Pilpres ke MK

oleh

MACCA.NEWS- Pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) akan menggugat hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi positif dan sangat menghargai upaya tersebut.

“Saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo, Pak Sandi ke MK. Itu memang sebuah proses sesuai konstitusi sesuai dengan hukum dan undang-undang yang kita miliki sangat menghargai,” kata Jokowi yang juga calon presiden 01.

Hal itu disampaikan Jokowi dengan didampingi calon wakil presiden (cawapres) Ma’ruf Amin di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pada kesempatan itu, Jokowi mengaku belum berkomunikasi dengan Prabowo pascapengumuman hasil Pilpres.

Menurut Jokowi, dirinya memang berencana untuk bertemu Prabowo. “Rencana kan sudah sejak awal. Sejak tanggal 17 April 2019. Sudah ada rencana tapi memang belum ketemu. Mungkin belum ketemu waktunya,” ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, dirinya tetap berkomitmen menjalin persahabatan dengan Prabowo-Sandi. “Tapi yang jelas kita ingin terus bersahabat, bersilaturahmi dengan Pak Prabowo, Pak Sandiaga Uno, dan seluruh pendukung yang ada,” ucap Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi mengatakan, rakyat Indonesia semakin dewasa dalam berdemokrasi. Kedaulatan rakyat dilaksanakan pada 17 April 2019. “Kedaulatan rakyat yang telah dilaksanakan itu kehendak rakyat. Marilah kita hargai,” kata Jokowi. (*)