Pakar Tanggapi Bakal Calon Walikota Berdatangan dari Luar Makassar

oleh

MACCA.NEWS- Banyaknya nama bakal calon Walikota telah bermunculan untuk maju pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar yang bakal digelar tahun 2020 mendatang.

Bahkan beberapa figur yang berkarir diluar kota Makassar bermunculan meramaikan pertarungan Pilwali Makassar mendatang.

“Kota Makassar ini tidak bisa dipungkiri merupakan kota yang sedang berkembang ke arah kota metropolitan. Dengan statusnya yang seperti itu, maka wajarlah jika banyak figur yang tertarik untuk mengelola atau berkuasa atas Makassar,” kata pengamat politik dan pemerintahan Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono, Sabtu (18/5/2019).

“Apalagi dari sisi historis, Makassar memang sudah dikenal sebagai sebuah bandar niaga dunia yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain di dunia,” urai Arief Wicaksono.

Arief Wicaksono mengutarakan mengelola pemerintahan kota Makassar tidak mudah begitu saja. Sebab kata Arief Wicaksono tugas Walikota Makassar adalah harus betul memahami kebutuhan, dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat

“Dengan menjadi Walikota Makassar, tentu para figur tersebut berharap mereka akan mendapatkan banyak keuntungan, kepentingan, dan tujuan politik mereka. Akan tetapi, mengelola Makassar bukan hal yang mudah. Transformasi kota menuju kota metropolitan menjadikan tugas Walikota menjadi lebih berat. Tidak banyak yang berhasil membangun dengan status Walikota. Makanya dinamika Pilwalkot Makassar 2020 layak untuk dicermati,” ungkap Arief Wicaksono.

Sejumlah nama bakal calon Walikota Makassar sudah bermunculan, antara lain, Moh Ramadhan ‘Danny’ Pomanto, Syamsu Rizal, Irman Yasin Limpo, Indira Chunda Titha Syahrul, Sukriansyah S Latief, Arman Hanis, Iqbal Djalil, Hendra Sirajuddin, Januar Jaury, Husain Abdullah, Tamsil Linrung, Abdi Baramuli, Andi Jamaro Dulung, Andi Mariattang, dan Akbar Faisal. (*)