Putra Nurdin Abdullah dikabarkan Maju di Pilwali Makassar, Pakar :Jangan Pakai Kekuasaan Untuk Anak

oleh

MACCA.NEWS- Nama putra Gubermur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah yakni Fathul Fauzi Nurdin Abdullah (Uji) dikabarkan bakal bertarung di Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar tahun 2020 mendatang.

Majunya Uji, mendapat tanggapan dari pengamat politik Universitas Hasanuddin, DR Aswar Hasan. Dia menjelaskan majunya Uji di Pilwali Makassar adalah wujud hak politik setiap warga negara Indonesia. Akan tetapi dia mewanti Nurdin Abdullah agar tidak memakai kekuasaannya sebagai Gubernur untuk memenangkan putranya tersebut.

“Boleh saja dia maju itu, hak politiknya, Nanti publik yg menilai. Sepanjang kekuasaan Nurdin Abdullah sebagai Gubernur tidam dimanfaatkan dengan melanggar aturan pemerintahan dan birokrasi untuk berpihak kepada anaknya tersebut,” ujar DR Aswar Hasan, Selasa (28/5).

DR. Aswar Hasan menambahkan jika Uji betul maju di Pilwali Makassar, maka Nurdin Abdullah harus betul-betul menjaga posisinya sebagai orang nomor satu di Sulsel. Kata dia ini bisa saja merupakan dinasti politik yang bisa dibangu oleh Nurdin Abdullah.

“Meski pun kekuatiran tersebut tidak beralasan karena kegagalan anaknya tersebut lolos ke legislatif, diduga pasti karena Nurdin Abdullah tidak menggunakan atau memamfaatkan mesin birokrasi yg ada di bawah kendalinya. Anak gubernur atau pejabat boleh saja masuk kontestasi politik karena peraturan yang sebelumnya melarangnya telah di gugurkan di MK. Cuma Nurdin Abdullah harus juga menjaga citranya dari asumsi kecurigaan publik untuk membangun dinasti politik di Sulsel,” ungkap Aswar Hasan.

Sementara pengamat politik dari universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono mengatakan Uji masih perlu banyak belajar politik dan pengelolaan pemerintahan.

“Saat ini semua punya peluang, tapi menurut saya beliau masih harus belajar dululah. Kepimpinan bukanlah hal yang instant, melainkan dari proses yang benar,” sebutnya.

Sekedar diketahui, putra Nurdin Abdullah pada pemilihan legislatif beberapa waktu lalu kandas lolos sebagai anggota DPRD Sulsel dari PSI Dapil Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar.

Bahkan di Pilwali Makassar mendatang, putra Nurdin Abdullah itu dikabarkan akan berpasangan dengan putra Bupati Jeneponto, Isman Triyadi Iksan. (*)