Rekapitulasi Nasional Diawali Doa untuk KPPS yang Meninggal

oleh

MACCA.NEWS– Komisi Pemilihan Umum (KPU), kembali melanjutkan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara nasional dan penetapan hasil Pemilu 2019 pada Minggu (12/5/2019) siang. Rapat pleno diawali doa untuk penyelenggara pemilu yang meninggal dunia dan tertimpa musibah.

“Sebelum memulai acara mari mengheningkan cipta untuk para pahlawan demokrasi dan berdoa untuk masing-masing petugas KPPS, PPS, PPK, pengawas pemilu. Mari kita berdoa dan mengheningkan cipta,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra saat memimpin rapat pleno di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2019).

Sebelumnya, jumlah penyelenggara pemilu yang meninggal dunia hingga Jumat (10/5) mencapai 469 orang. Selain itu, sebanyak 4.602 lainnya dilaporkan jatuh sakit. Petugas Pemilu yang dimaksud meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Setelah mengheningkan cipta, Ilham mengungkapkan pada Ahad KPU akan mengawali pembacaan hasil pemilu dari dua provinsi. Keduanya yakni Bengkulu dan Kalimantan Selatan. Jika memungkinkan, tiga provinsi juga akan dibacakan hasil pemilunya, yakni Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat. (*)