Siapa 01 Paket Deng Ichal-UQ di Pilwali Makassar? Begini kata Pakar

oleh

MACCA.NEWS- Masyarakat kota Makassar boleh saja mensimulasikan pasangan Syamsu Rizal -Sukriansyah (Deng Ichal-UQ) pada pemilihan walikotadan wakil walikota (Pilwali) Makassar tahun 2020 mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono posisi pasangan yang akan berpasangan di Pilwali Makassar masih longgar, siapapun bisa saja berpasangan. Untuk itu , Arief Wicaksono menilai Deng Ichal-UQ keduanya mengarah pada posisi calon Walikota

“Bisa saja Deng Ichal-UQ, saat ini masih longgar ikatan-ikatan calon pasangan satu sama lain. Cuma yang harus diperhatikan, UQ dan DI sama-sama proyeksi 01,” kata Arief Wicaksono, Kamis (30/5).

‘UQ yang berasal dari kelompok pak Mentan, tidak akan melepas posisi calon 01 (Walikota), karena kepercayaan diri yang baik, soal backup atau dukungan. Sementara itu, Deng Ichal juga tidak akan melepas posisi calon 01 karena merasa lebih berpengalaman dari calon yang lain,” ujarnya.

Sementara pakar politik dan pemerintahan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Unhas, DR. Aswar Hasan menilai jika pasangan Deng Ichal-UQ pasangan saling melengkapi dan memahami kebutuhan masyarakat.

“Deng Ical sudaj pengalaman dan paham birokrasi. Sementara UQ paham dinamika masyarakat sebab dia mantan pimpinan media Harian ternama dan punya jaringan Nasional, serta keduanya sombere. Ini bisa menjadi pasangan kuat. Masalahnya, siapa yg harus jadi 02? Meski itu akhirnya bisa di atur oleh Partai pengusungnya nanti,’ kata Aswar Hasan. (*)