Beredar Isu Nama-Nama Calon Menteri Jokowi

oleh

MACCA.NEWS- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan kriteria menteri yang akan dipilihnya untuk periode kedua kekuasaannya. Hal ini merespon Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019.

Dalam hasil tersebut pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin keluar sebagai pemenang. Kini KPU tinggal menunggu proses gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menetapkan pemenang pilpres tersebut.

Sejumlah pihak kini menantikan siapa saja sosok pengisi menteri di Kabinet Kerja Jilid II rancangan Jokowi. Menurut Jokowi, kriteria pembantunya untuk mengurus negara adalah orang yang bisa menuntaskan seluruh program unggulan. Selain juga membantu program untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Kabinet yang bisa kerja, kan kabinet kerja. Sudah saya sampaikan bolak-balik, mampu mengeksekusi dari program yang ada. Kemampuan eksekutor itu yang paling penting,” kata Jokowi.

Menyusul kemudian beredar nama-nama yang disebut sebagai calon menteri Kabinet Kabinet Kerja Jilid II. “Tapi yang paling penting adalah mampu mengeksekusi, memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dua hal yang penting itu,” ujar Jokowi.

Sejumlah nama pun sudah mengemuka. Diantaranya ada Ketua HIPMI Bahlil Lahadila. Lalu mantan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi. Kemudian Ketua TKN, Erick Thohir, Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelumnya juga muncul nama Yenny Wahid, puteri Presiden keempat Abdurrahman Wahid. Mantan Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, hingga Ketua Umum PSI, Grace Natalie.

Kemunculan figur-figur muda ini tak terlepas dari keinginan Jokowi untuk melakukan regenerasi kabinet. Kabar yang beredar, Jokowi akan mereshuffle kabinet kerjanya sehabis Lebaran, atau sekitar Juni 2019. (*)