Gubermur Sulsel Usul Luwu Raya Jadi Ibukota Sulsel, Rayuan Pemanis Tolak Provinsi Luwu Raya?

oleh
Gubermur Sulsel, Nurdin Abdullah

MACCA.NEWS- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah menyebutkan Luwu Raya pantas menjadi ibukota Sulsel. Sementara masyarakat, Luwu Raya menginginkan Luwu Raya berdiri menjadi Provinsi baru. Provinsi Luwu Raya diketahui sudah lama diwacanakan bahkan sudah pernah dibahas di tingkat DPR RI.

Pakar ilmu pemerintahan dan politik Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono mengatakan Gubermur Sulsel, Nurdin Abdullah tidak memiliki pertimbangan sedikitpun menjadikan Luwu Raya sebagai ibukota Sulsel.

“Kalau soal Luwu yang diusulkan oleh pak Gubernur sebagai ibu kota Sulsel, kita tidak pernah tahu pertimbangannya seperti apa. Yang kita baca penyampaian Pak Gubernur juga bersifat cuma mengusulkan saja,” kata Arief Wicaksono, Selasa (25/6).

Bahkan, Arief Wicaksono mengatakan wajar saja pernyataan Gubermur sebagai pemanis agar Provinsi Luwu Raya tidak terwujud. Sebagaimana Luwu Raya dikenal kaya sumber daya alam yang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel.

“Tapi kalau ada yang mengatakan bahwa usulan dari Gubermur itu hanya pemanis saja, agar masyarakat Luwu tidak perlu bikin provinsi baru. Itu juga wajar mengingat Luwu Raya sangat kaya dengan sumber daya alam,” tutupnya. (*)