Petrucci Juara Mugello, Gelar Pertama Diraih Sepanjang MotoGP

oleh

MACCA.NEWS- Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) meraih gelar juara pertamanya di kelas MotoGP usai finis pertama di balapan GP Italia, Sirkuit Mugello, Minggu, 2 Juni 2019.

Pebalap asal Italia itu mengawali balapan dari Posisi 3 dan mendapat perlawanan ketat dari Marc Marquez (Repsol Honda) dan rekan satu tim Andrea Dovizioso di balapan sepanjang 23 lap itu.

Sebelumnya, hasil terbaik Petrucci di Mugello adalah finis ketiga pada 2017.

Petrucci, Marquez dan Dovizioso terlibat sejumlah aksi salip menyalip di lap-lap terakhir yang ketat hingga akhirnya Marquez, yang start dari pole position, harus mengakui keunggulan motor Ducati bernomor 9 itu dan finis sebagai runner-up dengan margin tipis 0,043 detik.

Kemudian Andrea Dovizioso, harus puas finis ketiga di balapan ke-300 sepanjang karirnya itu. Dengan hasil tersebut, Ducati mencetak hattrick dengan menjuarai GP Italia dalam tiga tahun terakhir.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) kembali tampil impresif dan finis ke empat setelah menempel ketat tiga pebalap di depan.

Pebalap asal Spanyol itu memiliki start yang brilian. Start dari posisi 13, Rins mampu naik ke peringkat tiga di tiga lap pertama untuk menantang Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di depan.

Namun defisit tenaga motor GSX-RR kewalahan menghadapi tiga pebalap Ducati yang ada di barisan depan.

Marquez sempat membuat kesalahan dengan melebar ketika memimpin lomba dan harus membayar mahal ketika tiga pebalap Ducati dan satu Suzuki mendahuluinya di lap kelima.

Di lap 9, Rins menyerang Dovi dan mampu mengambil alih pimpinan lomba untuk sementara. Namun ketika tiba di trek lurus Mugello, Rins keteteran.

Jack Miller (Pramac Ducati) terjatuh di delapan lap terakhir ketika menempel rombongan terdepan di posisi lima.

Sementara Rossi harus berakhir tragis ketika Raja Sirkuit Mugello itu terjatuh di tikungan 9 dan tak bisa melanjutkan balapan ketika masih menyisakan 16 putaran.

Sepanjang akhir pekan ini Rossi kurang bersinar di sesi latihan bebas dan hanya mampu meraih posisi 18 dari sesi kualifikasi. (*)