Taufiq Fachruddin Manfaatkan PJ Walikota Dapatkan Dukungan Perseorangan di Pilwali? Begini Kata Pakar

oleh
Taufiq Fachruddin

MACCA.NEWS- Mencuatnya nama, Taufiq Fachruddin  maju pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar bisa saja menggunakan jalur perseorangan (dukungan KTP masyarakat).

Taufiq Fachruddin yang tak lain merupakan adik ipar Gubermur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah bisa saja memanfaatkan posisi Pejabat (PJ) Walikota, Iqbal Suhaeb untuk meraih syarat dukungan sebagai calon perseorangan pada Pilwali Makassar mendatang.

“Potensi untuk mengintervensi adalah hal yang mungkin. Tapi yang perlu diingat, hal tersebut adalah pelanggaran, karena menggunakan fasilitas ataupun struktur  pemerintahan untuk menyukseskan bakal kandidat tertentu,” kata Direktut Profetik Isntitute, M.Asaratillah, Kamis (13/6/2019).

M.Asaratillah berharap, Taufiq Fachruddin mempertimbangkan jika berkeinginan maju sebagai calon perseorangan. Sebab, peluang diusung partai politik kemungkinan besar lebih terbuka.

“Pak Taufiq jika ingin maju, mesti mempertimbangkan menggunakan jalur partai, sebab bagaimanapun mesin politik melalui jalur partai jauh lebih efektif ketimbang mesin politik jalur perseorangan,” tambahnya.

“Saya rasa pak Taufiq, mesti membangun citra dirinya ke publik. Cara yang paling mungkin adalah, melalui kinerja yang optimal di perusda,” jelas M.Asaratillah.

Sementara Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus mengatakan jika, Taufiq Fachruddin memanfaatkan, PJ Walikota untuk mendapatkan persyaratan jalur perseorangan adalah hal yang sulit.

“Pak Taufik tak mungkin melakukan itu. Karakter beliau saya kenal betul. Kalaupun mau maju dia akan melakukan dengan kekuatan jaringan yang dimilikinya dan itu bukan persoalan sulit. Selain itu, di tengah pengawasan terhadap netralitas birokrasi saat ini, sesungguhnya cara cara menekan birokrasi itu sangat beresiko. Karena pada akhirnya akan menimbulkan perlawanan dan antipati pasa masyarakat,” pungkasnya. (*)