Terobosan Danny Pamanto, Hantarkan Jadi Tokoh Kesehatan Nasional

oleh

JAKARTA–Berkat terobosannya di bidang kesehatan, menghantarkan Moh. Ramdhani Pamanto. Sebagai tokoh nasional yang berdedikasi terhadap dunia kesehatan, serta aktivis kesehatan inspiratif.

“Saya juga kaget dengan penghargaan ini. Tapi ini apresiasi selama lima tahun kami membuat trobosan kesehatan untuk masyarakat di mana kami membuat Home Care with Telemedicine,” ungkap Danny, ketika menerima penghargaan Pejuang Kesehatan (Health Warrior Award) 2019, di Audotorium Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jumat (28/6).

Lebih lanjut, dirinya sangat berterima kasih pada Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia (FIAKSI), terhadap apresiasi yang diberikan olehnya. Menurutnya dedikasinya selama menjadi walikota telah membuahkan hasil.

Selain menerima penghargaan, diajang tersebut, Danny didapuk selaku pembicara terkait kesehatan berpanel, dan disandingkan dengan para ahli kesehatan lainya. Seperti Wakil Menteri Kesehatan 2011-2014 Prof. dr. Ali Ghufron, M, Ph.D, Bupati Jember 2016-2021 dr. Hj. Faida, MMR, Peneliti Ahli Penyakit Diare pada Anak Prof. dr. Sri Suparyati, Ph.D, dan Pakar Penyakit Nutrisi Metabolik Anak dr. Damayanti R. Sjarif, Dokter dan Publik Figure dr. Lula Kamal, dan Artis Titiek Puspa.

Dirinya berbagi pengalaman, apa yang menginspirasinya untuk melakukan inovasi di sektor kesehatan.

“bagaimana sulitnya masyarakat mengakses pelayanan kesehatan. Dengan sistem homecare, maka setiap warga bisa terlayani kebutuhan kesehatannya langsung di rumah mereka secara gratis selama 24 jam”, tuturnya.

Bahkan inovasi itu sendiri telah digunakan secara nasional dan kota Makassar, menjadi percontohan program kesehatan di ASEAN. Sistem homecare, dikompilasikan dengan sistem smart city tengah dikembangkan pemerintah kota Makassar. (Nurul)