Begini Tanggapan Ketua Forum Lembaga Kesejahtetaan Anak, Adanya Anak Panti Minta-minta di Jalan

oleh
Ketua Forum Kesejahtraan Anak Muh Riza

Kasus penemuan anak panti asuhan dari, kabupaten Gowa yang turun kejalan dan meminta-minta. Mengundang reaksi segala pihak, salah satunya Ketua Forum Lembaga Kesejahtetaan Anak Muh Riza.

“Bersangkutan biasanya mengaku anak panti Gowa jangan sampai hanya mengaku-ngaku saja”, ungkap Riza, saat di temui di Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu(24/07/2019)

Ketua Forum Panti Asuhan Sulsel ini menyebutkan, jika panti asuhan resmi tidak mungkin membiarkan anak binaannya meminta di jalan. Setiap panti asuhan yang memiliki legalitas, akan terdaftar di provinsi, selain itu mempunyai akta pendirian.

Kedua ada izin terdaftar dari dinas sosial kabupaten kota dan provinsi. Lalu dilihat lagi kondisi di sekertariatnya ada kelengkapannya atau tidak.

“Misalnya saja papan plang, struktur kepengurusannya, visi misi, serta profil, setiap harus punya kelengkapan dan datanya terdaftar”, katanya.

Dia menceritakan, dulu pernah ada kasus panti yang tidak berizin, lantas pihaknya langsung menindak lanjuti, dan menurunkan papan plang panti tersebut.(Rahmayadi)