Meminallisir Bencana BPBD Kota Makassar Bentuk TRC

oleh
Drs.Khaeruddin H M.Si Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar

Meminallisir terjadinya bencana (Prabencana) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar, membentuk tim reaksi cepat tanggap (TRC). Yang dimana, tugasnya mencegah, atau menghindari terjadinya bencana.

“Misalnya saja, melatih memadamkan kebakaran dengan cepat agar tidak meluas, melatih penyelamatan dan sebagainya semuanya kita bina, karena TRC sendiri mencakup semua bidang walau TRC utamanya masuk pada bidang II yaitu darurat bencana”, ungkap Sekertaris BPBD Khaeruddin, Juma’t(19/07/2019).

Selanjutnya dia menyebutkan, anggota TRC sendiri sudah ada hampir seribu orang dan tersebar di lima belas kecamatan di Makassar. Ia mengatakan, anggota TRC rutin diberi pembinaan serta pelatihan, guna membentuk ketangguhan.

(Tim Reaksi Cepat tanggap (TRC) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kota Makassar)

Dia menyatakan, orang yang ingin bergabung harus memiliki rasa kemanusian yang tinggi. Menurutnya hal itu yang paling penting, karena BPBD adalah sebuah lembaga bergerak di pelayanan kemanusian terlebih penyelamatan ketika ada bencana.

“Biasa TRC tiap kecamatan di diberi edukasi, pelatihan rutin, kemarin kita berikan pelatihan di pulau TRC dari kecamatan tallo, batasan usia 45 tahun yang jelas masih muda. Kita juga kerja sama dengan BEM kampus yang ada di kota Makassar, bahkan tiap tahun buka pendaftaran”, ucapnya.

Mengingat BPBD adalah bagian dari BNBP dan memiliki tiga fungsi yang tertera di undang-undang yaitu melindungi, Cepat tanggap, penyelamatan.