PAN Segera Merapat ke Jokowi? Ini Jawaban Zulkifli Hasan

oleh

MACCA.NEWS- Elit Partai Amanat Nasional (PAN) hingga saat ini masih malu-malu mengungkap rencana pindah haluan menjadi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf. Bahkan Ketua Umum PAN Zukifli Hasan malah menyerahkan soal bergabungnya PAN pada keputusan Jokowi.

“Jangan tanya saya. Itu tanya presiden,” kata Zulkifli pada wartawan ketika ditemui di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.

Menurut Zulkifli, usai pemilihan presiden, saat ini masyarakat harus fokus untuk mendukung dan mendoakan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Saya berpesan pada seluruh masyarakat terutama kader partai, yuk kita bareng-bareng move on. Mari kita bergerak. Kita sukseskan, kita doakan pemerintahan Pak Jokowi, Kiai Ma’ruf sukses dan membuat negara lebih sejahtera lebih adil dan itu cita-cita kita bersama,” ujarnya.

Sementara itu, sikap PAN sendiri rencannya akan segera ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Apakah PAN akan menjadi oposisi atau berkoalisi, forum Rakernas yang akan menentukan.

Bagi PAN, sikap seperti ini bukanlah hal yang baru. Pada Pemilu 2014, PAN yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta juga berpindah haluan menjadi partai pendukung pemerintah dan mendapatkan jatah satu menteri meskipun menjelang 2019, PAN kembali lagi menjadi partai oposisi dan jatah satu menteri akhirnya dicopot. (*)