Beri Bantuan ke Korban Kebakaran, Cara BPBD Makassar Meringankan Beban

oleh
Sekertaris BPBD Makassar Khaeruddin

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, cepat tanggap dalam membantu warga yang membutuhkan. Hal itu, di ungkapkan oleh sekertaris BPBD Khaeruddin, saat mendapat laporan, maka timnya akan segera turun ke lokasi.

“Bidang ll dan lll, jika mendapat kabar seperti korban kebakaran, mereka langsung ke lapangan mendata berapa korban, rumah yang terbakar dan kerugian diderita”, jelas Khaeruddin, Jumat(30/08/2019).

Lebih lanjut, bidang ll menangani masalah bantuan logistik dan lll rehabilitasi, kontruksi dan stimulasi hingga kedua bidang tersebut sering berkerjasama. Contohnya, setelah terjadi kebakaran dengan sigap, ke tempat kejadian.

Ia menjelaskan, meski telah didata, pihaknya belum bisa langsung memberi bantuan. Terlebih dahulu data tersebut di asessment, kemudian di cocokkan dengan data milik kelurahan tempat terjadinya bencana.

Setelah proses rampung barulah timnya turun ke lapangan, guna memberi bantuan terhadap korban.

“Bantuan yang diberikan berupa bantuan logistik, tenda, perlengkapan bayi, serta perlengkapan masak ke korban kebakaran, bahkan sampai ke bantuan stimulus”, tuturnya.

Sekertaris BPBD, menyebutkan pemberian bantuan stimulus yang diberikan bahan bagunan, seperti kayu, seng, dan tripleks. Pembagiannya di jatah tiap perkepala keluar dan itupun sesuai kemampuan dari BPBD.

Dg. Ngawing sapaan akrab Khaerudin tidak lupa memberi apresiasi terhadap kepemimpinan Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb. Sebab menurutnya, Iqbal Suhaeb selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh BPBD. (Nur)