Camat Tallo dan Yapikindo Berkolaborasi Dalam Menangani Masalah Sampah

oleh
Camat Zainal Takko saat menerima Yapikindo di rumahnya.

Camat Tallo Zainal Takko berterimakasih pada Yayasan Pemerhati Kanal Indonesia (YAPIKINDO), karena telah mau turut membantu permasalahan sampah yang ada, di daerahnya. Menurutnya, Satgas kebersihan kecamatan Tallo, masih kurang, sehingga kebersihan di tempatnya belum terakomodir dengan baik.

“16.000 liter sampah yang dihasilkan kelurahan setiap harinya, dan jumlah jiwa138 ribu warga Kecamatan Tallo, kekuatan saya cuma 85 orang, kalah saya. Maka dari itu saya selaku pemerintah Kecamatan mengucapkan terimakasih kalau bukan kita yang melibatkan diri tidak mungkin kita capai,” ujar Andi Zainal A Takko, SE, Rabu(28/08/2019).

Lebih lanjut, Zainal Takko menerangkan, daerah Rappokalling adalah salah satu tempat lahirnya bank sampah, di Tallo, selain itu Kecamatan Tallo merupakan percontohan tingkat nasional.

“7 inovasi diakui yang ada di Kecamatan Tallo, tapi tidak ada jaminan merubah Tallo. Kami berharap kehadiran teman teman meminimalisir tumpukan sampah di kecamatan Tallo, sebenarnya kita tidak perlu terjun langsung di drainase (kanal), kita ketuk hati Sub Dinas Prasarana Wilayah ( Praswil) ini tupoksi mereka, kami pemerintah kecamatan Tallo, berharap kehadiran teman teman dapat memicu kesadaran masyarakat,” Jelasnya.

Yapikindo saat melakukan audiens dengan camat Tallo

Semetara, Abdul Hafid Syam bersama Koordinator Yapkindo Kelurahan se Kecamatan Tallo, menyampaikan bahwa masalah sampah yang ada di drainase kecamatan Tallo bertujuan dibentuknya Yapkindo

“Membahas masalah program program masalah kanal terutama pilot project dipusatkan dikelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo dengan drainase besar sepanjang 161 meter sebagai percontohan Yapkindo kedepan. Yapkindo akan membentuk satgas drainase bekerja sama dengan satgas yang ada dikelurahan, setiap kelurahan mempunyai satgas dan ada koordinator Yapkindo Kelurahan,” jelas Abdul Hafid Syam.

Diketahui, Yapikindo dan Zainal Takko melakukan audiensie membahas, di jadikannya Tallo sebagai daerah percontohan drainase. Pertemuan tersebut berlangsung dirumah jabatan Camat Tallo, jalan, Arif Rahman Hakim No.54, Ujung Pandang Baru, Tallo, Kota Makassar, Selasa (27/8/2019), malam. (Nur).