Fasilitasi Pencari Kerja, Disnaker Makassar Gelar Job Fair

oleh
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Andi Irwan Bangsawan

Dinas Tenagakerjaan (Disnaker) kota Makassar menggelar Job Fair selama dua hari, di hotel Four Point, Jalan Andi Jemma. Hal ini untuk memfasilitasi, para pencari kerja, yang kesulitan mencari lowongan.

“Ini sudah kegiatan rutin, satu tahun itu bisa tiga kali kita adakan. Dan yang kedua ini partisipasi penyedia meningkat biasanya 50 perusahaan kali ini mencapai 90 perusahaan,” sebut Keplaa Dinas Ketenagakerjaan Andi Irwan Bangsawan, saat membuka kegiatan job fair pagi tadi, Rabu(21/08/2019).

Ia menambahkan, klasifikasi usaha yakni manufaktur, otomotif, industri perbankan, konstruksi, perhotelan, kesehatan, dan UMK. Sekitar 90 perusahaan ikut berpartisi, serta menyediakan 2.500-3000 lowongan pekerjaan.

Selain itu kegiatan ini, disediakan persiapan, dan pemberian motivasi kepada para job seeker. Pembekalannya diberikan oleh profesional sebagai coaching clinic, strategi bagaimana bisa menarik perhatian perusahaan sehingga dapat diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut.

“Meski begitu, tentunya kita lihat dari kemampuan para peserta jangan sampai pesertanya tidak memenuhi standar dari kualifikasi perusahaan tersebut tapi kita berharap bisa terpenuhi semua”, ungkapnya.

Andi Irwan Bangsawan memaparkan, sekiranya sekarang pengangguran berkisar pada angka dua digit, namun dia enggan, memberikan angka pasti terkait jumlahnya. Setidaknya, dengan kegiatan yang berjalan, mampu mengurangi pengangguran hingga satu digit.

“Saya yakin itu bisa terlaksana dengan bantuan dari sdc, tslp yang di mana ketua dewan TSLP sangat mendukung program kita”, ungkapnya. (Nur)