Implementasi Kebijakan Sulsel, Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan Hutan

oleh

MACCA.NEWS- Implementasi kebijakan pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan hutan terus di lakukan Pemerintah Sulawesi Selatan.

Hari ini, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman memimpin rapat kordinasi percepatan penanggulangan dan pencegahan kerusakan lingkungan hutan di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (8/8).

“Program Ini merupakan model pertama di Indonesia dalam pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan yang dilakukan di Sulsel, setiap desa ada wilayah yang menerapkan pencegahan sejak dini”, ujar Syamsu Rijal tenaga ahli bidang konservasi, rehabilitasi hutan dan lahan.

Didampingi Kepala Dinas Kehutanan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan beberapa rencana jangka panjang pengelolan dan pencegahan kerusakan.

“Saya berharap, ada sinergitas anggota Forkopinda, agar terlibat dalam pengerjaan teknis lapangan, sebab pendekatan secara persuasif akan dilakukan,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Wagub dalam pertemuan ini meminta saran dan masukan organisasi perangkat daerah terkait, sehingga secara rinci, akan terlihat bagaimana variable pendukung dalam kesimpulan program ini.

“Efek positif program ini sangat bermanfaat bagi msyarakat. Sebagai langkah awal, diperlukan mitigasi kembali untuk seluruh OPD yang terlibat dan sebaiknya membentuk satgas pencegahan bencana,” ujarnya.

Andi Sudirman Sulaiman menambahkan bagaimana program ini dapat terlaksana dengan maksimal.

“Sebaiknya program ini lebih detail, action plan sangat dibutuhkan, sehingga diperubahan, ada penindaklanjutan aksi dari program ini,” tegasnya. (*)