Jamaah Haji Bulukumba Besok Tiba di Sudiang

oleh

 

MACCA NEWS.- Jamaah haji Indonesia (JHI) asal Bulukumba yang tergabung dalam kloter 06 UPG Makassar dijadwalkan tiba di Makassar pada Kamis (22/8) pagi.

Demikian diungkapkan oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonedia (TPIHI) H. Ali Yafid beberapa waktu lalu usai mendampingi Ketua Sektor Dua Makkah H. Kaswad Sartono memantau penimbangan koper bawaan JHI asal Bulukumba, di Hotel 203 Syisyah, Makkah.

Dia menambahkan, JHI kloter 06 UPG dijadwalkan take off dari Jeddah menuju Makassar pukul 13.20 waktu Saudi. “Penerbangan dari Jeddah menuju Makassar memakan waktu sekitar sembilan atau sepuluh jam,” ujarnya

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa, jamaah akan tiba di Bandara Internasional Makassar pada Kamis (22/8) pagi. “Pagi kita diterima di Asrama Haji Sudiang. Sekitar jam 10 Kamis pagi, rombongan jamaah haji bertolak menuju Bulukumba dengan menggunakan bus,” bebernya.

Terkait dengan kepulangan tersebut, TPIHI dan petugas haji lainnya meminta kepada setiap jamaah agar menjaga kesehatan masing-masing, fisik dan psikis, mengingat panjangnya rute perjalanan.

Selain itu, para jamaah juga diminta menaati peraturan penerbangan internasional, terutama yang terkait jumlah barang, jangan sampai melebihi kuota atau jumlah yang telah ditentukan oleh pihak Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Untuk diketahui, setiap jamaah hanya diberikan izin membawa barang maksimal 39 kg; 32 kg pada koper besar, dan 7 kg pada tas jinjing. Bagi jamaah yang barangnya melebihi jumlah yang ditentukan, ia dapat memanfaatkan jasa pengeriminan barang ke tanah air.

Sementara itu Kabag Kesra Setidak Bulukumba Hj.Darmawati membenarkan jadwal kedatangan Jamaah Haji asal Bulukumba, mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar Kamis (22/8) pukul 06.05 Wita dan sesuai rencana Jamaah haji Bulukumba akan diterima secara resmi oleh Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto di asrama haji Sudiang Makassar.

Selanjutnya dijadwalkan seluruh jamaah haji  Bulukumba yang tergabung pada kloter VI meninggalkan asrama haji pada pukul 10.00 Wita menggunakan bus Cahaya Bone, dan diperkirakan rombongan akan tiba di mesjid Agung Bulukumba pukul 17.30 Wita.

Wakil Bupati Tomy Satria bersama Kepala Perwakilan Cahaya Bone Bulukumba H.Syamsuddin dan awak media ini, saat penjemputan jamaah haji Bulukumba musim haji 2018

” Mudah mudahan semuanya berjalan lancar sesuai rencana dan iring iringan bus yang membawa jamaah haji Bulukumba akan dikawal petugas pengamanan dari Polres Bulukumba, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Insya Allah Rabu (21/8)  siang kami sudah berangkat ke Makassar, dan Kamis pagi seluruh bus dan truk pengangkut koper jamaah sudah stand by di asrama haji Sudiang,” jelas Hj.Darmawati.- H.Muh.Yusuf Shandy – Suaedy.-