Jumlah Hewan Tidak Layak Kurban Meningkat Tahun Ini

oleh
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 Makassar tengah

Kepala Bidang Peternakan dan kesehatan Hewan DP2 Makassar Andi Herliyani menyampaikan, jumlah hewan tidak layak kurban tahun ini relatif meningkat. Ini disebabkan permintaan masyarakat, akan hewan kurban juga cukup banyak.

“Hal tersebut seiring jumlah hewan yang dijual untuk kebutuhan kurban juga terus meningkat”, terang Herliyani, Sabtu(10/08/2018).

Pernyataan Herliyani bedasarkan, data dilapangan saat tim DP2 melakukan pengawasan dan pengecekan hewan yang ada di Makassar sampai hari Kamis kemarin. Dia menyebutkan sebanyak 5.136 ekor sapi dan kambing di periksa.

Lebih lanjut ia mengatakan, jumlah sapi yang di perikasa 4.805 ekor, dari jumlah itu yang layak kurban 3.914 ekor sedang sisanya 914 ekor tidak layak. Sementara dari 331 ekor kambing yang di periksa 120 ekor diantaranya tidak layak dikurbankan.

Senada dengan Herliyani petugas laboratorium DP2, Masriani menambahkan, jika hewan yang dinyatakan tidak layak bukan karena terkena penyakit seperti antraks dan cacing hati.

“Paling banyak kami temui tidak layak kurban karena tidak cukup umur. Ada juga yang cacat fisik misalnya buta”, tuturnya.(Nur)