Lihat Tanda-tanda Alam An-Nadzir Gelar Sholat Idul Adha Hari Ini

oleh
Foto: Nurul
An-Nadzir Melaksanakan sholat idul adha dilapangan kompleks perkampungan An-Nadzir

Bedasarkan metode pendekatan alam yang dilakukan An-Nadzir, maka di tetap sabtu ini sebagai tanggal 1 Zulhijah 1440. Sehingga ratusan jama’ah  An-Nadzir melaksanakan sholat idul adha lebih awal dari ketetapan pemerintah, dipimpin oleh ustad Samiruddin Pademmui.

“Kita melakukan pengamatan bulan malam 14,15,16, di 15 dilihat kemunculan matahari dari timur dan terbenam di barat, sampai hari 27,  dan 3 hari terakhir diukur lagi ketinggian gelombang air lau, 45 menit terakhir kita melihat matahari Asidiq (matahari sempurna). Maka kita tetapkan 1 Zulhijah hari ini”,  jelas Samiruddin Pademmui usai solat id, di perkampungan mukminin An-Nadzir, kelurahan Romang Poloa, kecamatan Bonttomarannu, kabupaten Gowa, Sabtu(10/08/2019).

Lebih lanjut uztad Samiruddin menjelaskan, tanda-tanda alam sudah lama menjadi acuan dalam menentukan pergantian bulan di kalender hijriah. Termasuk penentuan bulan ramadhan, syawal dan zulhijah, itulah yang menjadikan An-Nadzir mengelar puasa, dan perayaan idul fitri dan adha berbeda.

Foto : Nurul
Saat ustad Samiruddin memberi cermah idul adha

Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir ini mengatakan, pendekatan alam di gunakan. Karena menurutnya cara seperti itu yang di ajarkan nabi besar Muhamad SAW.

“Waktu zaman nabi diajarkan begini melihat tanda-tanda yang muncul di alam, apalagi waktu itu tidak ada alat penghitung waktu”, ungkapnya.

Diakhir ustad Samiruddin menyampaikan, keseluruh jamahnya hakikat idul adha adalah pengorbanan, serta kesabaran, tidak lupa juga mengajak jama’ahnya melanjutkan perjuangan nabi Muhamad dalam menegakkan syariat agama.

“Itulah yang selalu saya tekankan, bahwa meski banyak diluar sana berfikir negatif terkait An-Nadzir, akan tetapi banyak juga yang datang dan melakukan penelitian tentang aliran kita. Terutama dengan menanggalan waktu yang diterapkan”, ujarnya.

Diketahui untuk idul adha tahun ini, jama’ah An-Nadzir menyembelih dua ekor kambing dan satu ekor sapi yang dikurbankan. Rencananya dibagi-bagikan bagi warga yang membutuh disekitar sini. (Nur)