Mudahkan Keluhan Masyarakat, Pemkot Luncurkan Aplikasi Qlue

oleh
Memantau CCTV, di war room, rencananya CCTV akan dikaitkan, dengan aplikasi Qlue

Untuk memudahkan masyarakat dalam, menyampaikan keluhannya dan peduli keadaan, serta lingkungan sekitar. Pemerintah kota Makassar, akan meluncurkan aplikasi media sosial bernama Qlue.

“Jadi ini aplikasi bisa sangat membantu pemimpin kota agar dapat menentukan keputusan berbasis data. Data yang dihimpun termasuk data pelaporan masyarakat, kondisi lalu lintas, kemiskinan, insiden, kemiskinan, pajak dan sebagainya,” ucap PJ Walikota Makassar Iqbal Suhaeb, di sela-sela kunjungannya di Operation Room lt 10, Kamis (15/8/2019).

Iqbal menjelaskan, dengan aplikasi itu, warga Makassar dapat melaporkan aduan terhadap kondisi lingkungan seperti sampah, banjir, kemacetan, jalan rusak, kebakaran, dan lain-lain. Sehingga dapat merespon, secara cepat, hal yang dikeluhkan.

Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb meluncurkan aplikasi Qlue

Sementara, setiap Kepala bidang informasi dan komunikasi publik, dinas komunikasi dan informasi kota Makassar Ade Ismar Gobel menjelaskan, laporan dapat dipantau progressnya untuk memastikan semua keluhan yang disampaikan ditindaklanjuti.

Dari aplikasi tersebut, pemkot dapat menghimpun dan memvisualisasikan data serta menghasilkan kebijakan, tindakan yang lebih efektif.

Aplikasi Qlue sendiri nantinya dapat didownload oleh pengguna Android dan AppStore. Ia juga meminta dalam dua hari ke depan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, agar memunculkan itext di layar operation room.

“Jadi bapak wali kota mau melihat langsung berapa realisasi pajak tiap harinya secara real di layar operation room ini sehingga bisa langsung memantau,” pungkas Ade Ismar Gobel (Nur).