Operasi Patuh Segera Dimulai

oleh

 

MACCA NEWS.- Tiga hari lagi, jajaran Kepolisian di Republik ini akan memulai operasi patuh, yang merupakan kegiatan tahunan Polres Bulukumba yang di gelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Kasat Lantas Polres Bulukumba AKP. Made Suarma kepada awak media ini, Senin (26/8) menjelaskan operasi patuh tersebut dimaksudkan guna meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam hal tertib lalu lintas di jalan raya, dan operasi ini mengusung sandi “Ops Patuh 2019”.

Dan menurutnya tema dalam opersi ini serentak di seluruh Indonesia mulai pada tgl 29 Agustus sampai dengan 11 September 2019 atau selama 14 hari. Dan tema kali ini Meningkatkan Polantas Sebagai Penggerak Revolusi Mental serta Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik, untuk mewujudkan Kamsrltibcarlantas yang mantap.

” Operasi patuh ini serentak di laksanakan di seluruh Indonesia mulai 29 Agustus sampai 11 September 2019 atau terhitung dari hari ini, kegiatan operasi sisa tiga hari,” jelas AKP. I Made Suarma saat bincang di salah satu warkop.

Kasat lantas mudah ini menyebut, pada operasi patuh ini menitik beratkan pada penindakan (represif) yaitu 60% dan Preventif 20% serta Preemtif 20%,.

” Operasi patuh ini akan dilakukan penindakan atau penegakan hukum secara langsung di lapangan, berupa tilang maupun teguran,” sebutnya sambil menambahkan penindakan yang dilakukan dengan selektif prioritas yaitu pelanggaran yang menyebabkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas seperti tidak menggunakan helm pengaman sesuai standar, kemudian pengendara anak dibawah umur, berkendara dalam keadaan mabuk, tidak mengenakan safety belt atau sabuk keselamatan bagi pengendara dan penumpang mobil serta kendaraan yang menggunakan lampu rotary dan lampu strobou.

Di tempat yang sama Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan.SIK mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

” Demi keselamatan dan kelancaran berkendara, agar melengkapi kendaraannya termasuk kelengkapan SIM dan STNK yang sah dan mematuhi peraturan lalu lintas, ” pesan Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan.- Suaedy.-