Penuhi Syarat Kurban dengan Kartus Sehat DP2

oleh
DP2 kota Makassar melakukan pengecekkan hewan kurban dan dilihat langsung Pj Walikota Makassar

Hewan kurban harus memenuhi syarat, agar pahala menyembelih hewan kurban sempurna di mata Allah SWT. Maka dari itu Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) kota Makassar mengeluarkan kartu sehat, bagi sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada saat idul adha, sebagai bukti bahwa sapi yang disembelih telah layak dikurbankan.

“Saya imbau kepada masyarakat, jika membeli sapi minta ke pedagang tunjukan kartu sehat itu menjadi jaminan, kalau tidak ada kartu itu kita tidak bisa jamin kelayakkannya”, ujar Kepala Bidang Peternakan dan kesehatan Hewan DP2 Makassar Andi Herliyani, Sabtu(10/08/2019).

Ia menambahkan, jangan sampai masyarakat berkurban, namun sia-sia saja. Hal itu lantara hewan tersebut tidak layak sehingga tidak memiliki syarat menjadi hewan kurban dan dapat membatalkan pahala berkurban.

Hampir selama seminggu, pihaknya bekerja keras mengecek dan melakukan pemeriksaan sapi-sapi yang ada di wilayah Makassar. Bahkan pihaknya telah membentuk tim khusus terdiri kedokteran hewan Unhas dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Sulselbar.

Dia menjelaskan, para petugas bekerja memeriksa kesehatan, fisik yang terjamin dan usia hewan cukup untuk dikurbankan. Syarat khusus ini mengacu juga pada syariat islam.

“Jangan sampai masyarakat membeli,tetapi hewan yang dibeli masyarakat ternyata tidak layak”, ucapnya.