Relawan Palu Belajar Sistem Pengelolaan Sampah di Kecamatan Tallo

oleh
Emil Bareng saat berbicara di depan camat Tallo Zainal Takko

Melihat tata kelola persampahan pemerintahan kecamatan Tallo. Relawan sahabat Palu melakukan kunjungan guna mendapat wawasan terkait kebersihan yang ada diwilayah tersebut.

“Kami Relawan Sahabat Palu, kami ber Delapan ketemunya pada saat banjir bandang di Sigi lalu membentuk Komunitas kumpulan orang orang mengurus lingkungan, dikarenakan di Palu mencari pemuda peduli lingkungan sudah sulit, alhamdulillah untuk merubah lingkungan Palu kami didanai yayasan Indonesia Bhadra Utama (IBU) Foundation dari luar negeri,” jelas Emil Bareng, kordinator sahabat Palu, diruang aula kantor Kecamatan Tallo, lantai 3, Jln. Arif Rahman Hakim No.54, Ujung Pandang Baru, Tallo, Kota Makassar, Sabtu (03/08/2019).

Lebih lanjut pemuda asal Palu ini mengaku, ilmu yang dia dapat di tempat itu, akan dia tiru saat kembali ke Kabupaten Sigi khususnya. Dia mengharapkan, agar rombonganya juga  dapat belajar banyak sebab, merupakan pertama kalinya berkunjung ke luar kota.

“Kami sampaikan kepemerintah kami (Bupati Palu) biar dimasukkan dianggarkan datang ke Makassar, harapan kami butuh bimbingan dari FKBS Kecamatan Tallo. Ini awal jangan jadikan akhir, yang kami dapat dari sini akan kami terapkan di kecamatan dan masuk program BLHD Palu untuk 15 Kecamatan 176 Desa di Palu,” Ungkapnya.

Emil Bareng dan Zainal Takko duduk bersama

Kedatangan relawan sahabat Palu di terima langsun camat Tallo Zainal A Takko. Zainal A Takko sangat mengapresia relawan sahabat Palu yang ingin mempelajari, Forum Komunikasi Bank Sampah (FKBS).

“Pertama tama saya ucapkan selamat datang Komunitas Sahabat Relawan Palu, semoga ada berkah dibawa pulang untuk merubah kota Sigi khususnya Palu. Apa yang kita miliki di Tallo pasti kami berikan, apa yang direkomendasikan oleh pihak dari Sigi-Palu untuk dipelajari dikecamatan Tallo, karena melirik ilmu kami, mari bagi ilmu tukar fikiran,” sambut Camat Zainal A Takko, SE(Nur)