Tahun ini Di Bulukumba 1.608 Ternak Diqurbankan

oleh

 

MACCA NEWS.,- Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba mencatat sebanyak 1.608 ekor ternak yang diqurbankan pada perayaan Idul Adha tahun 2019. Termasuk Bupati AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto menyerahkan masing-masing 2 dan 1 ekor sapi kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) diwakili H.M. Yunus usai pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 hijriah di halaman Kantor Bupati, Minggu 11 Agustus 2019.

Sejumlah pejabat tampak hadir mengikuti shalat Ied, seperti Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan, Dandim 1411 Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto, Ketua Pengadilan Negeri, Sutiyono, Kepala OPD lingkup Pemkab Bulukumba, Kabag Kesra Hj.Darmawati dan pejabat lainnya dan tampil sebagai khatib KH.Mustari Randa.

Sebelum shalat Idul Adha, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan sambutannya di hadapan seluruh jamaah, sekaligus mengajak masyarakat khususnya yang berqurban, kalau bisa, pelaksanaan qurban dilakukan mulai hari ini hingga dua hari kedepan.

” Kalau bisa sapi atau kambing yang akan diqurbankan jangan dipotong sekaligus pada hari ini, karena khawatir masyarakat kurang mampu yang mendapatkan daging qurban tidak memiliki kulkas, sehingga dagingnya rusak atau berbau. Karena hari qurban bukan hanya hari ini, tetapi bisa sampai tiga hari,” pesan Andi Sukri.

Pengurus PHBI yang juga Kepala TU Kemenag Bulukumba, H. Muh Yunus mengatakan perayaan Idul Adha tahun 2019, tercatat ternak yang diqurbankan 1.608 ternak, terdiri dari Sapi 1.486 ekor, dan Kambing 122 ekor. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 sebanyak 1.530 ekor

Jumlah qurban tersebut merupakan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang mendata jumlah ternak yang akan diqurbankan di setiap mesjid, kelompok dan pribadi masyarakat.- Suaedy.-