Dinkes Makassar Siapkan Obat dan Tenaga Medis Bantu Warga Terkena ISPA

oleh

Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar sediakan obat-obatan dan beberapa tim medis, bantuan medis berpusat di puskesmas pembantu (Pustu) Tamangapa, yang berlokasi dijalan Borong jambu. Hal ini menyusulnya adanya 43 warga terkena infeksi saluran pernapasan (ISPA).

“Sejak hari pertama hingga hari ini, kita terus memantau siapa saja masyarakat sekitar wilayah ini, yang mengalami gejala ISPA. Apakah karna dampak asap atau pun bukan tetap kita inventaris semuanya. Sejauh ini kurang lebih 43 orang yang datang ke puskesmas dengan keluhan ISPA.” ucap Kapala Dinas Kesehatan Makassar, dr. Naisya Tun Azikin, Rabu(17/9/2019).

Naisya melanjutkan, warga yang terkena ISPA masih kategori ringan. Itu disebabkan asap yang dihirup mengandung zat-zat berbahaya

“Jenis Ispa yang diidap warga masih dalam kategori ringan seperti pilek, batuk, iritasi hidung, serta iritasi tenggorokan,” jelasnya

Sebelumnya dinkes telah melakukan antisipasi penyakit ISPA, dengan memberikan masker terhadap masyarakat. Dia juga mengimbau, agar menghindari kontak langsung asap selain itu, jika beraktifitas di luar rumah sebaiknya memakai alat proteksi diri.

“Kita memberitahukan kepada masyarakat jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting, kalaupun keluar sebaiknya memakai masker dan kacamata, sebagai alat proteksi diri. Dan mengkomsumsi banyak air minum dan buah buahan agar menjaga daya tahan tubuh”, tegasnya.

Diketahui beberapa asap tak hanya di wilayah Manggal, bahkan sampai ke pusat kota. Tidak hanya Makassar, asap juga sampai ke kabupaten Gowa dan Maros.(Nur)