3 TPS Dikota Makassar Penyumbang Sampah Laut

oleh

MACCA.NEWS-  Kota Makassar, kota metropolitan terbesar dikawasan timur Indonesia yang begitu banyak memiliki penghargaan nasional bahkan internasional. Salah satu penghargaan yang diperoleh kota makassar adalah 3 kali mendapat piala Adipura sewaktu dipimpin oleh Mohammad Ramdhan Pomanto “DP” yaitu ditahun 2015, 2016, dan tahun 2017.

Namun sayang kota metropolitan peraih piala Adipura 3 kali berturut – turut ini juga menjadi salah satu kota penyumbang sampah laut. Terbukti dari beberapa titik TPS “Tempat Pembuangan Sementara” sampahnya berada tepat didaerah aliran sungai “DAS”.
TPS yang dimaksud antara lain :

1. Lokasi TPS di Kelurahan Pampang samping kampus UMI Kecamatan Panakkukang.

2. Lokasi TPS dijalan daeng tata III Kelurahan Parang Tambung Kecamatan Tamalate.

3. Lokasi TPS di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate.

Dengan kondisi terbuka ditiga lokasi TPS diatas membuktikan bahwa bisa dengan mudah dan cepat sampah – sampah menuju kelaut karna mudah terbawa oleh angin, jenis sampah tersebut adalah sampah plastik berupa botol air mineral, cup, kantong plastik dan jenis plastik sekali pakai/ PSP serta beberapa jenis sampah kertas.

Adapun kondisi yang lebih miris diperlihatkan disekitar TPS di kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate adalah sampahnya bukan hanya ditumpuk sebelum dibawa ke TPA tamangapa yang berada di Kecamatan Manggala namun sampah – sampah tersebut juga dikabar dikarenakan kontainer sampah yang telat datang.

Sampah – sampah yang yang ada di tiga lokasi TPS diatas yang tidak dikelola terlebih dahulu membuktikan bahwa kota makassar sebagai kota peraih piala Adipura 3 kali berturut – turut perlu dipertanyakan kembali dikarenakan tata kelola sampahnya tak sesuai amanah UUPS yaitu mengelola sampah ditempat timbulannya atau kelola sampah kawasan.

Kenapa makassar masih menitikberatkan pengelolaan sampahnya di TPA Tamangapa
Kecamatan Manggala. sedangkan kondisinya sudah tidak layak lagi, mari kita bantu aparat untuk membuka tabirnya. (*)