Jamalludin Memiliki Tempat Tinggal Tak Layak Huni, Rumah Zakat Sulsel Bentuk Gerakkan Donasi

oleh
Penampakan rumah tak layak huni milik pak Jamalluddin

Berdindingkan karung dan anyaman bambu yang lapuk, dan beralaskan tanah, serta tanpa adanya listrik, Begitulah tampilan rumah milik Jamalluddin. Salah satu warga desa Mardekaya, kecamatan Bajeng, kabupaten Gowa.

Sudah 20 tahun, dia hidup dirumah yang bisa dikatakan tak layak tersebut. Terkendala biaya menjadi alasan, bapak satu orang anak ini tak mampu merenovasi tempat tinggalnya itu.

Pria berusia 40 tahun itu hanya berprofesi sebagi buruh tanam dengan gaji yang tak menentu. Dia mengatakan, uang penghasilannya cuma bisa, memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Keinginan memperbaiki rumah sudah ada sejak 20 tahun lalu, namun ketiadaan biaya menjadi alasan, saya mengubur keinginan tersebut”, cerita pria tersebut, Minggu(29/09/2019).

Lebih lanjut, Ia mengisahkan, saat perubahan musim dari kemarau ke hujan. Sangat membuatnya bersedih, lantaran, saat memasuki musim tersebut, semua air masuk ke dalam rumahnya.

Semua atap bocor, dindinya merembes, bahkan terkadang banjir. Bila kondisinya seperti itu, maka dia pun tak tahu harus merebahkan diri dimana.

“Karena hampir semua atap bocor, sehingga tidak ada tempat yang aman untuk tidur biasanya”, terangnya.

Tim Rumah Zakat Membantu Merenovasi Rumah Jamalluddin.

Melihat penderitaan yang dialami Jamalluddin, tim dari Rumah Zakat Sulawesi Selatan siap membantu. Dengan membantu biaya renovasi rumah, Jamalluddin dengan menggalangkan donasi.

Humas Rumah Zakat Sulawesi Selatan Juminah Najah mengatakan, pihaknya sudah mengunjungi langsung kediaman Jamalluddin, beberapa waktu lalu.

“Ya setelah kita melihat langsung kondisi rumah dari pak Jamalluddin, kita langsung mengadakan gerakkan untuk mengumpukan uang merenovasi rumahnya”, ujar Juminah.

Sebelumnya mengadakan kunjungan, terlebih dahulu menerima laporan. Yang memberi informasi menyebut, adanya seseoran yang tinggal di sebuah rumah tak layak huni.

Maka, Rumah Zakat Sulsel menindak lanjut laporan itu. Sehingga tim dari Rumah Zakat, mengadakan gerakan membantu Jamalluddin.

“Kita harap gerakkan yang kita lakukan bisa membantu pak Jamalluddin dalam mewujudkan keinginanya memperbaikki rumahnya”, terangnya.

Diakhir Juminah mengajak, bagi orang yang terketuk hatinya membantu Jamalludin beserta keluarga, dengan cara klik tautan berikut:

https://sharinghappiness.org/HidupBerdindingKarung

Dan menyebarkannya, pada yang lain, agar gerakkan donasi ini sukses.(Nur)