Kepala UPTD TPA Tamangapa Rahim Harapkan, Adanya Penanganan Sampah yang Serius

oleh
Kepala Bidang Oprasional Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Hasanuddin Tengah

Setiap harinya tempat pembuangan akhir (TPA), yang berada dijalan Borong Jambu, kelurahan Tamangapa, kecamatan Manggala, menerima 950 sampai 1000 ton sampah perkotaan. Olehnya Kepala Unit Pelaksanaan Tugas Daerah (UPTD) TPA Tamangapa, Rahim mengharapkan adanya penanganan yang serius.

“Bukan main sampah yang dihasilkan kota Makassar ratusan ton tiap harinya, dan yang paling banyak adalah sampah-sampah kering”, kata Rahim, saat di Cafe Iconik, Kamis(19/09/2019).

Rahim melanjutkan pihaknya, sangat menantikan pembangunan, pembangkit listrik tenaga sampah (PLTsa) dapat terealisasi dengan cepat. Sehingga sampah bisa terkelola dengan baik, karena melihat volume sampah yang masuk, boleh jadi mengalami over kapasitas.

Ia menyebutkan, hingga kini tata kelola sampah dengan menggunakan sistem open dam, atau kata lain ditimbun. Inilah yang menjadikan sampah, seperti terlihat menggunung, padahal dari hasil sampah yang tertumpuk.

“Meski pekerintahan kita memiliki bank sampah guna mengkelola sampah kering, tapi ini tidak cukup, sebab pemerintah masih kurang kesadaran masyarakat dalam melakukan pemilahan”, ucapnya.

Diketahui luas TPA Tamangapa sendiri mencapai 16 hektar, terdiri dari 12 hektar yang sudah diisi beberapa blok. Dan 4 hektar lainnya merupakan tambahan mengantisipasi, jika terjadi over kapasitas.(Nur)