Petugas Damkar Bekerja 13 Jam, Hentikan Kebaran di TPA Tamangapa

oleh
Para petugas dibantu warga masih mencoba memadamkan api

Api yang membakar gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), berlokasi di jalan Borong Jambu, kelurahan Tamangapa, kecamatan Manggala, sudah tiga belas jam berkobar. Jumlah volume sampah kering yang banyak, dan mudah terbakar menjadi kendala, petugas dari dinas pemadam kebakaran, kesulitan memadamkan.

“Laporan masuk sekitar pukul 13.30 Wita siang. Sampai sekarang sudah ada lima blok sampah yang terbakar ini,” kata Komandan Regu Dinas Damkar Kota Makassar, Muh Hidayatullah ditemui di lokasi, minggu malam(15/09/2019).

Ia menyebutkan, porsenilnya kewalahan mengendalikan nyala api, bahkan sampai menjalar kemana-mana. Padahal pihaknya telah menerjunkan 15 unit mobil, guna menghentikan kebakaran.

Hidayatullah sendiri mengaku, peristiwa terbakarnya TPA baru inilah yang paling besar. Menurutnya, tempat pembuangan akhir tersebut memang sering mengalami kebakaran ketika musim kemarau.

“Namun tahun ini yang paling parah, karena dari siang hingga malam, api belum bisa kami padamkan”, tuturnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas, Polsek Manggala, Aipda Muslimin mengatakan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa dan harta. Aipda Muslimin mengimbau warga yang tinggal di sekitar TPA, agar mengavakuasi keluarga serta surat berharga.

“Ancaman ke rumah warga, belum terlihat, akan tetapi yang rawan itu di sebelah utara, namun sudah diantisipasi begitu juga diseblah selatan sudah diantisipasi,” ungkapnya.

Sedangkan Ipank salah satu warga yang bermukim di tempat itu mengungkapkan rasa paniknya. Ia menyebutkan, dirinya telah membawa keluarganya mengungsi, serta surar berharga juga dibawa.

“Saya lihat api mau sampai kerumah, saya takut sekali, karena sampai sekarang api di TPA masih menyala bahkan tambah besar, kita semua berdoa semoga api bisa di padamkan”, ucap Ipank.

Hingga berita turun petugas, masih bekerja keras memadamkan api di TPA Tamangapa tersebut. (Nur)