Aktivis Anak Rusdin Tompo Sebut Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Pada Anak

oleh
Aktivis anak Rusdin Tompo

Menggunakan metode yang menyenangkan, bagi para orang tua, dalam menanamkan nila-nilai pancasila yang luhur kepada anak. Hal itu disampaikan oleh aktivis anak Rusdin Tompo.

“Mengingat ancaman ideologi pancasila di kalangan anak-anak saat ini terjadi karena adanya internasionalisasi budaya dan massifnya penggunaan medsos”, ujarnya saat dihubungi, Senin(1/10/2019).

Lebih lanjut, pembelajaran menyenangkan yang dimaksud, seperti bermain atau melakukan kreativitas tertentu. Misalnya, menyanyikan lagu-lagu nasional, ajak anak bikin puisi tentang bencana dan games yang menggambarkan perlunya kekompakan dan saling menolong.

Menurutnya penanaman nilai-nilai pancasila itu sangat penting ke anak, meski tak harus menyebutnya pancasila. Karena nilai ini, akan menjadi landasan dirinya dalam bersikap dan berpendapat.

“Ekspresi dirinya dan tindakannya dalam pergaulan akan sangat diwarnai oleh serapan nilai-nilai luhur yang diterimanya, baik dari bangku sekolah maupun yang ditransfer oleh orang tua dan lingkungan sosialnya”, tuturnya.(Nur)