Di HDKD Lapas Kelas l Makassar Terima Dua Penghargaan Sekaligus

oleh

Kinerja Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Permasyarakatan di provinsi Sulawesi Selatan, semakin membaik. Hal itu di buktikan, dengan sebanyak 24 KUPT Permasyarakatan menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Pemberian penghargaan itu diberikan di halaman kantor Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas l Makassar, saat upacara puncak peringatan Bhakti Hari Dharma Karyadhika (HDKD), Rabu pagi tadi (30/10/2019).

“Semua yang hadir di upacara tersebut yang menerima penghargaan, baik dalam kategori penggerak wilayah bebas korupsi, inovasi di bidang literasi, maupun kolaborasi ada juga tiga orang masuk sebagai pegawai teladan”, terang Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) Kelas l Makassar Muzaini.

Lebih lanjut, Muzain menjelaskan untuk Lapas Kelas l Makassar mendapat dua penghargaan, diantaranya penggerak wilayah bebas korupsi dan pelayanan inovasi berbasis ham. Muzaini menyebutkan, tema HDKD tahun ini mengalami peningkatan yaitu “Transformasi Meraih Kinerja Pasti”.

Menurutnya peringatan HDKD yang sekarang berbeda dengan sebelumnya, lantara untuk tahun 2019 karena adanya semangat baru. Meski Menteri Hukum dan Ham masih dijabat oleh Yasona Laoly.

Di tambah lagi pemberian penghargaan yang di terima UPT di Sulsel lebih banyak. Sehingga perbedaan secara teknis cukup dirasakan dibanding peringatan HDKD tahun lalu.

“Selain pemberian penghargaan ada pula pelepasan pegawai lingkungan kementerian Hukum dan Ham wilayah Sulawesi Selatan memasuki masa purna bakti atau pensiun atas nama Andi Amir dan Yahya”, kata Muzaini.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas l Makassar Robbianto mengungkapkan rasa suka citanya, atas penghargaan yang di dapatkan Lapas Kelas I Makassar, kategori penggerak wilayah bebas korupsi.

“Harapannya Lapas lain bisa mengikutinya jadi tidak ada indikasi untuk pungutan liar dan kurupsi”, ujar Robbianto.

Di akhir Robbianto menyampaikan, kendati telah menerima penghargaan pada kategori penggerak wilayah bebas korupsi.Dirinya akan, meningkatkan pelayanan publik khususnya untuk kunjungan.

Diketahui upacara HDKD berlangsung meriah selain dihadiri pejabat Kakanwil Sulsel, KUPT kabupaten lain seperti Maros, Gowa, Bulukumba, Pangkep, ada pula 152 CPNS BKSDM seIndonesia Timur yang latihan dasar. Selain itu, di iringi pula marching band dari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. (Nur)