Mengenal 4 Jenis Kanker Ginekologi Pada Wanita

oleh

MACCA.NEWS- Tak hanya kecantikan, kesehatan juga merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan kaum wanita. Mengingat wanita memiliki organ reproduksi yang berbeda dibanding pria.

Menyadari wanita harus lebih sadar akan kesehatan reproduksinya, Adi Husada Cancer Center (AHCC) memberikan penjelasan tentang kanker ginekologi atau ilmu kesehatan tentang reproduksi wanita.

Berikut ini 4 jenis kanker ginekologi yang perlu diwaspadai pada wanita:

1. Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus Human Papiloma Virus (HPV). Penyakit ini  dapat dicegah dengan melakukan vaksin HPV. Vaksin ini bisa dilakukan mulai usia 9 tahun, dan bisa dilakukan sebelum menikah. Sampai saat ini, penularan terbesar dari virus HPV melalui hubungan seksual.

2. Kanker Rahim

Kanker uterus atau kanker rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di rahim. Kanker rahim paling sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause atau berusia 50 tahun ke atas.

Kanker rahim bermula ketika sel-sel sehat di dalam rahim tumbuh tidak terkendali dan membentuk tumor atau benjolan. Tumor tersebut bisa bersifat jinak atau ganas. Pada kanker rahim, tumor bisa membesar dan menyebar ke organ tubuh lain.

3. Kanker Ovarium

Kanker ini berkembang di kandung telur atau ovarium. Kanker ovarium tidak bisa dideteksi dengan pemeriksaan rutin seperti kanker lainnya. Tidak bisa juga diketahui melalui gejala yang muncul. Oleh karena itu, sebagian besar pengidap kanker ovarium baru mengetahui ketika stadium lanjut.

Gejala yang paling umum terjadi pada kanker ovarium ialah nyeri perut secara terus menerus.

4. Kanker Vagina dan Vulva

Berbeda dengan kanker serviks yang hanya terjadi pada serviks, kanker ini terjadi di dua dua tempat sekaligus yaitu vagina dan vulva. Kanker ini juga disebabkan oleh virus HPV.

Untuk mencegah kanker ginekologi ini, tentu saja melakukan pemeriksaan rutin dan vaksin HPV bila kanker tersebut terjadi akibat virus HPV.

AHCC yang menjadi tempat pelayanan kanker terpadu dan terintegrasi dapat menjadi tempat pilihan Anda untuk melakukan deteksi dini kanker ginekologi dan pemeriksaan rutin. (*)