Pemuda Sebut Legislator Golkar Enrekang ini Instan

oleh

MACCA.NEWS- Nama anggota DPRD Kabupaten Enrekang periode 2019-2024, dari Fraksi Golkar, Rachmad Saleh dinilai instan terpilih sebagai wakil rakyat kabupaten Enrekang.

Hak itu dijelaskan oleh pemerhati pemerintah kabupaten Enrekang, Ridwan jika terpilihnya,  Rachmad Saleh menjadi anggota DPRD hanya karena kedekatan Bupati atau pengambil kebijakan pemerintahan.

“Saya paham, Rachmad Saleh adalah politisi instan yang minimal pengalaman. Dia anggota DPRD kabupaten Enrekang dari dapil yang merupakan kampung halaman saya di dapil III. Rachmad Saleh terpilih karena dekat dengan Bupati,  artinya instan dan tidak paham banyak tugas dan fungsi legislatif jauh sebelumnya.

“Banyak anggota DPRD kabupaten Enrekang di periode sekarang yang terlihat dekat dengan Bupati, tetapi mereka memiliki kapasitas, kemampuan dan memahami tugas dan fungsi legislatif. Jadi, wajar terpilih tidak dengan cara instan atau dipaksakandipaksakan,” kata Ridwan, Jumat (4/10/2019).

Sementara Direktur Profetik Isntitute, M.Asaratillah mengatakan menjadi anggota  DPRD harus memiliki kemampuan yang jelas sebagai pengawasan pemerintahan.

“Salah satu persyaratan penting untuk menjadi anggota dewan adalah kapasitasnya dalam menjalankan fungsi-fungsi sebagai anggota legislatif, dalam hal ini fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaranpenganggaran, Sementara Direktur Profetik Isntitute, M.Asaratillah.

“Kompetensi tersebut hanya bisa tumbuh jika seorang anggota dewan intens dalam melakukan komunikasi dengan konstituennya, mendengar serta memahami hajat hidup mereka. Sehingga kedekatan dengan kepala daerah bukanlah syarat untuk menjadi anggota dewan. Sebab anggota dewan bukanlah pelayan kepala daerah tetapi pelayan sekaligus pengawal aspirasi rakyat,” ungkapnya. (*)