Unismuh Gelar PIKIR 2019, Wadah Bagi Generasi Net

oleh

Universitas Muhamdiyah (Unismuh) menggelar Pekan Ilmiah dan Kreatifitas Remaja (PIKIR) Tahun 2019, di Gedung Kampus Unismuh, jalan Allauddin selama lima hari, di mulai pada tanggal 14-18 Oktober. Agenda tersebut, merupakan kegiatan rutin, yang di selenggarakan tiap tahunnya.

Ketua Umum LKIM-PENA Itmal menyampaikan, ajang PIKIR 2019 ini hadir menjadi wadah bagi mahasiswa dan siswa. Untuk dapat meningkatkan kualitasnya agar, kelak dapat memiliki kemampuan akademik atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kesenian juga memperkaya budaya Nasional.

“PIKIR 2019 merupakan ajang bergengsi untuk kesembilan kalinya dilaksanakan oleh UKM LKIM-PENA sejak tahun 2010. Sebuah langkah, sebuah perubahan untuk Bangsa dan Negara, semoga PIKIR 2019 kali ini bisa sukses dilaksanakan dan kembali menjadi salah satu jawabannya atas perubahan tersebut”, ungkap Itmal, Selasa (15/10/2019)

Itmal melanjutkan, kegiatan yang diselenggarakan Balai Sidang Muktamar Universitas Muhammadiyah tersebut, adalah kegiatan bertaraf Nasional. Sedang tahun ini mengambil tema “Generasi Net dalam Menghadapi Tantangan Global”.

Tema itu di gunakan, harapan bangsa dalam menghadapi tantangan global berawal dari generasi net. Itmal sendiri, mengharapkan mahasiswa dan siswa untuk ambil bagian dalam ajang kompetisi di berbagai cabang lomba tingkat Nasional dan regional Sulawesi.

Kategori mahasiswa terdapat dua cabang lomba yaitu, LKTIM Tingkat Nasional dan Lomba Esai Tingkat Nasional. Sementara kategori siswa SMA/SMK/MA terdapat lima cabang lomba yaitu LKTIS, Debat Ilmiah, Akustik, Tari Kreasi, dan Lomba Infografis se-Sulawesi. Sedangkan kategori siswa SMP/MTs terdapat tiga cabang lomba yaitu Mading Ilmiah, Pidato Bahasa Indonesia, dan Kaligrafi se-Sulawesi.

Di akhir kegiatan akan dirangkaikan dengan kegiatan Seminar Nasional serta menghadirkan Najeela Shihab sebagai salah satu pemateri unggulan. Selain perlombaan PIKIR menghadirkan expo kewirausahaan, pameran karya pengurus LKIM-PENA, dan pameran karya peserta finalis lomba.

Dr. Muhammad Tahir, M.Si selaku Wakil Rektor III Unismuh sangat mengapresiasi, kegiatan PIKIR.

“Saya sangat senang kegiatan tahunan dan saya mensupport penuh kegiatan ini”, kata Muhammad Tahir. (Nur)