Dorong Ekonomi Kerakyatan Kabupaten Enrekang, Warga Rindu Kepemimpinan La Tinro La Tunrung

oleh

MACCA.NEWS- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir H La Tinro La Tunrung akan medatangkan tim ahli pengelolaan gula aren menjadi gula semut atau yang lebih dikenal dengan gula kristal di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang.

Keinginan itu muncul setelah La Tinro melakukan kunjungan ke Purwokerto dan berdiskusi dengan para pakar disana. Di Purwokerto, pembuatan gula semut hanya menggunakan bahan baku nira kelapa. Kalau menggunakan nira aren dari Kabupaten Enrekang pastinya kualitas produksi gula semut yang dihasilkan jauh lebih baik.

Selanjutnya mantan Bupati Enrekang dua periode ini menyembuykan bahwa sejauh ini permasalahan yang dihadapi oleh petani dan penggiat Industri Gula Semut ini terletak pada persoalan produksi dan pemasaran.

“Ada dua permasahan yang dihadapi oleh petani dan penggiat Industri gula semut di Maiwa, yang pertama adalah masalah produksi, saya melihat produksi gula semut ini masih menggunakan peralatan yang manual, disamping modal yang tidak tersedia, keterampilan produksi dengan menggunakan alat yang lebih modern belum banyak mereka kuasai. Kemudian yang kedua adalah masalah pemasaran, hasil produksi petani belum memiliki Brand usaha yang dapat dikenal dan menjadi ciri khusus usaha produksi gula semut sehingga diperlukan Brand dari produk yang dihasilkan,” ujar Latinro La Tunrung, Rabu (27/11/2019).

Dengan begitu, warga kota Enrekang, Yusri menyebutkan kerinduan masyarakat Enrekang makin menguat kepada kepemimpinan sosok Latinro La Tunrung. Yusril berharap keberadaan, La Tinro La Tunrung di DPR RI membawa kemajuan bagi kabupaten Enrekang.

“Kita rindu kepemimpinan beliau, kita rindu gagasan beliau yang membangun kesejahteraan masyarakat kabupaten Enrekang. Kita bangga beliau masih berbuat untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Enrekang,” jelas Yusri.