Guna Lahirkan Kelompok Industri Tenun, Disdag Makassar Gelar Pelatihan

oleh

Guna mengembalikan kejayaan kerajinaan tenun lontara di Makassar. Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, melakukan pembinaan industri tenun, di Hotel Romedo, Jalan Andi Djemma, Senin (18/11/2019).

Bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Makassar, kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan kelompok industri tenun dengan harapan kejarinan ini bisa kembali berkembang di Kota Makassar.

“Kita ingin mengembalikan lagi kejayaan tenun lontara di Makassar, sehingga pelatihan ini perlu dengan harapan kerajinan tenun lontara itu dapat terpelihara,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, M Yasir.

Dia menyebutkan, pelatihan ini berlangsung selama 24 hari. Lamanya waktu pelatihan menandakan bahwa pemerintah kota serius dalam mengembangkan industri tenun di Kota Makassar.

Apalagi, kata Yasir proses menenun itu tidak gampang sehingga diharapkan seluruh peserta yang mengikuti pelatihan bisa lebih serius dalam mempelajari setiap ilmu yang diberikan.

“Jadi tidak boleh mereka tidak ikut meskipun hanya sehari, karena proses menenun itu rumit dan saling berkaitan. Mulai dari proses mengintal benang hingga operasional mesin tenun,” ucapnya.

Diketahui, Sebanyak 50 peserta yang tersebar diseluruh kecamatan di Kota Makassar, mengikuti kegiatan ini.